Jadi Sorotan Dunia, Keputusan Simone Biles Mundur dari Olimpiade Tokyo 2020 Dikomentari Paul Pogba

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 43 2447901 jadi-sorotan-dunia-keputusan-simone-biles-mundur-dari-olimpiade-tokyo-2020-dikomentari-paul-pogba-UsXy6Mv4gc.JPG Simone Biles (Foto: Reuters)

TOKYO - Keputusan pesenam andalan Amerika Serikat, Simone Biles untuk mundur dari ajang Olimpiade Tokyo 2020 jadi perhatian dunia. Penggawa Manchester United, Paul Pogba, bahkan ikut berkomentar di akun Twitter pribadinya terkait insiden tersebut.

Pogba sendiri memuji keberanian Simone Biles untuk mengambil keputusan tersebut. Selain Pogba, Simone Biles juga mendapat dukungan dari sejumlah atlet top lain atas keberaniannya tersebut.

"Momen kekuatan tak terbantahkan dari @simone_biles," cuit Pogba di lansir dari akun Twitter pribadinya, Kamis (29/7/2021).

"Kami selalu fokus pada aspek kesehatan fisik tetapi aspek mental sama pentingnya. Ketika Anda merawat keduanya, Anda akan berkembang dalam hidup!" lanjut penggawa Timnas Prancis itu.

Baca juga: Penyebab Simone Biles Mundur dari Tim Senam Beregu Putri AS di Olimpiade Tokyo 2020

Seperti diketahui, pesenam putri andalan Amerika Serikat, Simone Biles, jadi sorotan setelah memutuskan mundur dari final nomor beregu putri Olimpiade Tokyo 2020 pada Selasa 27 Juli 2021.

Simone Biles membuat kejutan dengan mundur di final di nomor tersebut saat laga kontra Rusia (ROC) baru dimulai. Keputusan tersebut diambil setelah dirinya mendapatkan nilai rendah pada penampilan pembuka.

Alhasil, tim beregu putri AS harus puas menerima medali perak. Tekanan besar disebut-sebut jadi salah satu alasan yang membuat Biles tak mampu tampil maksimal. Usai kejadian tersebut, pesenam 24 tahun itu juga mengatakan yang sama.

Biles mengakui tekanan untuk memenuhi harapan dan usahanya dalam meraih rekor enam medali emas membuatnya tidak punya pilihan selain keluar, dengan alasan demi kesehatan mentalnya sendiri.

"Anda harus berada di sana 100%. Jika tidak, Anda terluka. Hari ini benar-benar menegangkan. Saya gemetar. Saya tidak bisa tidur siang. Saya tidak pernah merasa seperti ini pergi ke kompetisi, dan saya mencoba keluar dan bersenang-senang. Tapi begitu saya keluar , saya seperti, 'Tidak. Mental saya tidak ada di sana," ujar Biles usai pertandingan.

 

Selain mundur dari nomor beregu putri, Biles juga memutuskan untuk mundur dari laga final all-around perorangan putri. Keputusan tersebut juga dikonfirmasi langsung Tim Senam AS.

Mereka memilih menarik Biles dari persaingan karena khawatir kesehatan mentalnya akan memburuk. “Setelah evaluasi medis, Simone Biles telah mengundurkan diri dari final all-arround perorangan putri terakhir di Olimpiade Tokyo 2020, untuk fokus pada kesehatan mentalnya,” bunyi pernyataan tim senam AS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini