Tekanan Besar Jadi Penyebab Utama Marcus/Kevin Gagal Sumbang Medali di Olimpiade Tokyo 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 40 2447761 tekanan-besar-jadi-penyebab-utama-marcus-kevin-gagal-sumbang-medali-di-olimpiade-tokyo-2020-G6qXlW8gIM.JPG Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

TOKYO – Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo merupakan salah satu wakil Indonesia yang diandalkan dapat menyumbang medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Namun sayangnya, ganda putra andalan Indonesia itu tak bisa mewujudkan harapan banyak orang tersebut lantaran sudah gugur di babak perempafinal.

Marcus/Kevin kalah dari pasangan asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, lewat dua gim langsung dengan skor 14-21 dan 17-21 pada Kamis (29/7/2021) pagi WIB. Ternyata, harapan banyak orang itu membuat Marcus/Kevin bermain di bawah tekanan saat tampil di laga perempatfinal tersebut.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Marcus seusai pertandingan melawan Aaron/Soh di Musashino Forest Plaza, Tokyo, Jepang. Menurut Marcus, dirinya dan Kevin telah gagal mengantisipasi tekanan di sebuah ajang besar seperti Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga: Ini Alasan Marcus/Kevin Takluk dari Wakil Malaysia di Perempatfinal Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Marcus/Kevin di Olimpiade Tokyo 2020

Tekanan itu lantas diakui Marcus mempengaruhi permainan mereka. Alih-alih dapat bermain bebas dan sebaik mungkin, Marcus/Kevin justru tampil di bawah performa mereka biasanya.

Status peringkat satu dunia dan harapan dapat menyumbangkan medali emas diduga menjadi penyebab Marcus/Kevin bermain di bawah tekanan. Terlebih, lawannya adalah Aaron/Soh yang dalam tujuh pertemuan sebelumnya selalu dapat mereka menangkan.

“Kami tidak dapat bermain baik (saat melawan Aaron/Soh). Kami bermain di bawah tekanan sejak laga baru dimulai. Kami rasa kami perlu untuk mengevaluasi segalanya,” ungkap Marcus, seperti yang diwartakan di laman resmi BWF, Kamis (29/7/2021).

Selain karena bermain di bawah tekanan, Marcus pun mengakui Aaron/Soh bermain sangat baik. Ia justru melihat Aaron/Soh dapat bermain lepas karena tampil tanpa ada tekanan.

“Lawan kami (Aaron/Soh) bermain nothing to lose. Mereka bermain dengan sangat baik dan fokus menyerang kami. Kami justru bermain di bawah performa kami. Kami gagal mengatasi tekanan dari ajang besar seperti ini,” tambah Marcus.

Aaron/Soh

Kekalahan Marcus/Kevin jelas menjadi hal yang sangat disayangkan. Padahal mereka bersama Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan diharapkan mampu menyumbangkan medali dari sektor ganca putra cabor bulu tangkis.

Untungnya Ahsan/Hendra dapat melalui babak perempatfinal dengan baik saat melawan pasangan asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Dengan begitu Ahsan/Hendra dapat melaju ke semifinal dan membuat Indonesia masih memiliki harapan meraih medali di sektor ganda putra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini