Untuk Pertama Kalinya sejak 2004, Tak Ada Wakil Ganda Campuran Indonesia di Semifinal Bulu Tangkis Olimpiade

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 40 2447110 untuk-pertama-kalinya-sejak-2004-tak-ada-wakil-ganda-campuran-indonesia-di-semifinal-bulu-tangkis-olimpiade-xMtXfQoUJF.JPG Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

TOKYO Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti terpaksa harus menyudahi perjuangan mereka di Olimpiade Tokyo 2020. Turun di nomor ganda campuran cabang olahrag (cabor) bulu tangkis, Praveen/Melati harus puas mengakhiri ajang Olimpiade itu di babak perempatfinal.

Tentu hasil itu sangatlah mengecewakan. Apalagi kegagalan Praveen/Melati ke babak semifinal telah membuat Indonesia tak mengirimkan satu perwakilan pun di empat besar ganda campuran bulu tangkis pada ajang Olimpiade tersebut.

Catatan itu mencoreng hasil manis pasangan ganda campuran Indonesia di pesta olahraga multievent tersebut. Sebab tercatat sejak Olimpiade 2008 yang berlangsung di Beijing, China, Indonesia selalu berhasil mengirimkan perwakilan di semifinal ganda campuran.

Baca Juga: Gagal Tumbangkan Wakil China, Langkah Praveen/Melati Terhenti di Perempatfinal Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Olimpaide Tokyo 2020

Seperti pada Olimpiade Beijing 2008 ada pasangan Nova Widianto/Liliyana Natsir dan Flandy Limpele/Vita Marissa yang berhasil mencapai semifinal ganda campuran cabor bulu tangkis. Bahkan Nova/Lilyana berhasil membawa pulang medali perak dari Olimpiade Beijing 2008.

Lalu pada Olimpiade London 2012, Liliyana kembali menjadi wakil Indonesia yang dapat melaju hingga semifinal ganda campuran. Pada saat itu Liliyana sudah tak berpasangan dengan Nova, melainkan bersama Tontowi Ahmad.

Sayangnya pada Olimpiade London 2012, pasangan Tontowi/Liliyana gagal membawa pulang medali setelah kalah di semifinal dan perebutan juara ketiga untuk meraih medali perunggu.

Kemudian di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Tontowi/Liliyana lagi-lagi dapat menembus semifinal ganda campuran cabor bulu tangkis. Malahan Tontowi/Liliyana berhasil membawa pulang medali emas usai mengalahkan pasangan asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Terakhir kali ganda campuran Indonesia gagal mengirimkan perwakilan hingga ke semifinal itu terjadi Olimpiade Athena 2004. Pada saat itu, Nova Widianto/Vita Marissa hanya bisa bermain sejauh perempatfinal pada ajang Olimpiade Athena 2004.

Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir

Kini, kejadian pahit ganda campuran Indonesia di Olimpiade 2004 itu terjadi lagi di edisi 2020. Praveen/Melati yang menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia di ganda campuran hanya bisa melangkahkan kakinya hingga ke perempatfinal saja.

Praveen/Melati gagal usai dikalahkan pasangan ganda campuran andalan China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dengan dua gim langsung, dengan skor 17-21 dan 15-21. Praveen/Melati benar-benar dibuat tak berdaya oleh ganda campuran peringkat satu dunia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini