Keren, Bocah 13 Tahun Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 07:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 43 2446485 keren-bocah-13-tahun-raih-medali-emas-di-olimpiade-tokyo-2020-TPDBQmMLsh.jpg Momiji Nishiya merupakan atlet skateboard asal Jepang. (Foto/Reuters)

TOKYO – Bocah berusia 13 tahun bernama Momiji Nishiya berhasil meraih medali emas saat berlaga pada nomor cabang olahraga skateboard putri di Olimpiade Tokyo 2020. Pencapaiannya itu membuatnya mengukir rekor sebagai atlet termuda Jepang yang mendapatkan mendali emas di perhelatan olahraga terbesar tersebut.

Dengan usia masih 13 tahun dan 330 hari, Nishiya sukses memenangkan cabang olahraga (cabor) skateboard. Padahal, Nishiya mengaku sempat merasa gugup pada pertandingan itu.

Foto/Reuters

Akibatnya, dia terjatuh pada dua percobaan pertamanya. Namun, akhirnya dia menjadi yang terbaik dengan skor 15,26.

Baca juga: Intip Kampung Atlet Olimpiade Tokyo 2020, Kasurnya Terbuat dari Kardus

Memang, Nishiya masih belum mengalahkan rekor peraih medali emas termuda sepanjang sejarah. Catatan itu masih dipegang Marjorie Gestring yang merebut emas di Olimpiade 1963, saat berusia 13 tahun 268 hari.

Baca juga: Greysia/Apriyani Terus Jaga Fokus di Olimpiade Tokyo 2020

Meski begitu, Nishiya sudahcukup senang menjadi atlet Jepang termuda yang meraihnya. Apalagi ini merupakan Olimpiade pertama yang diikuti oleh Nishiya, dan sampai terharu.

“Saya begitu lega karena jadi peraih medali termuda di Olimpiade pertama saya. Air mata sampai keluar dari mata saya. Saya begitu gugup di percobaan pertama. Namun, kemudian rasa gugup saya menghilang,” kata Nishiya dikutip Yahoo, Selasa (27/7/2021).

Foto/Reuters

Dengan hasil ini, atlet Jepang menyapu bersih dua nomor street skateboard. Sebelumnya, skateboarder Jepang Yuto Horigome juga sukses memenangkan sektor putra.

Berkat tambahan dua medali emas dari cabor skateboard, Jepang berada di puncak klasemen umum. Mereka kini mengoleksi delapan emas, menyalip raihan Amerika Serikat dan China.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini