Elegan, Rio Waida Pimpin Parade Atlet Indonesia di Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Cikal Bintang, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 43 2445086 elegan-rio-waida-pimpin-parade-atlet-indonesia-di-upacara-pembukaan-olimpiade-tokyo-2020-9lLx1HB5eR.jpg Rio Waida pimpin defile Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

TOKYO – Peselancar Indonesia, Rio Waida, tampil elegan dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Rio Waida sendiri diketahui memimpin parade atlet Indonesia di upacara pembukaan tersebut.

Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 diselenggarakan di Stadion Olympic, Jepang, pada Jumat (23/7/2021) malam WIB. Dalam upacara ini, seperti biasa, ada parade atlet dari berbagai negara.

Parade atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

BACA JUGA: Peselancar Rio Waida Kenakan Baju Adat Bali di Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Berdasarkan pantauan tim MNC Portal Indonesia, Jumat (23/7/2021), parade atlet dibuka dengan kehadiran kontingen Yunani, yang merupakan negara asal mula Olimpiade. Sementara itu, Indonesia berada pada urutan ke-22 dalam parade atlet tersebut.

BACA JUGA: Berlangsung Khidmat, Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 Diawali dengan Koreografi Teatrikal

Wakil Tanah Air di parade atlet Olimpiade Tokyo 2020 ini tampil elegan. Mereka mengenakan setelan pakaian yang dominan dengan warnah putih, dengan sedikit corak merah.

Tetapi, ada pemandangan berbeda dalam pakaian yang dikenakan oleh pembawa bendera Indonesia. Atlet selancar asal Bali, Rio Waida, yang memimpin defile ini menggunakan baju adat dari kota asalnya.

Dia memakai baju adat Bali, yakni Payas Madya. Rio menggunakan ikat kepala khas bali, yakni ikat kepala Udeng. Penampilan Rio juga dipadupadankan dengan busana Jepang. Rio memakai sandal tradisional Jepang, yakni Tatami.

Parade atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Tepat di belakang Rio, ada Chief de Mission (CdM) Indonesia, Rosan P Roeslani, yang mengenakan pakaian adat khas Betawi. Selain Rio dan Rosan, parade atlet Indonesia diikuti perenang Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani, serta lima pelatih Dirdja Wihardja (angkat besi), Rionny Mainaky (bulu tangkis), Permadi Sandra Wibowo (panahan), Donny Budiarto Utomo (renang), dan Tipi Jabrik Noventin (pelatih surfing).

Hasilnya, sejumlah atlet dan ofisial tersebut berjalan dengan santai dan raut senyuman, ini menggambarkan kepercayaan diri wakil Indonesa di pesta olahraga terbesar di dunia tersebut. Tak hanya itu, Indonesia tampil elegan dan mempunyai pakaian adat yang tentu saja menarik perhatian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini