KBRI Tokyo Siap Bantu Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 21:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 43 2444600 kbri-tokyo-siap-bantu-kontingen-indonesia-di-olimpiade-tokyo-2020-ioTIhKoCQ8.jpg KBRI Tokyo, Heri Akhmadi dan Chef CdM Olimpiade, Rosan P Roesalni (Foto: KBRI Tokyo)

TOKYO – Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo siap memberikan komitmen membantu kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Salah satunya adalah membantu kesiapan para atlet yang akan tampil pada pesta olahraga terakbar di dunia tersebut.

“KBRI Tokyo terus membantu kesiapan para atlet Indonesia dalam ajang Olimpiade Tokyo.” Demikian ditegaskan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi, dalam konferensi pers bersama dengan Chef de Mission (CdM), Rosan P Roeslani, dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari yang berlangsung pada Kamis, 22 Juli 2021 secara virtual.

Dubes Heri memastikan jelang pembukaan Olimpiade Tokyo pada Jumat (23/7), para atlet Indonesia dalam keadaan sehat dan siap bertanding.

KBRI dan CdM

“Sampai hari ini sudah 26 Atlet Indonesia yang tiba di Tokyo, semua dalam keadaan sehat dan negatif Covid-19," ujar Dubes Heri dalam konferensi pers yang dipandu oleh Kepala Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzi.

Dubes Heri menambahkan selama perhelatan Olimpiade, KBRI Tokyo dan KOI akan menggelar konferensi pers secara berkala untuk melaporkan perkembangan jalannya Olimpiade kepada masyarakat.

Baca Juga: Tim Panah Awali Langkah di Olimpiade Tokyo 2020, Siap Sumbang Emas?

"Kami sepakat untuk menggelar konferensi pers secara berkala. Fungsi media sangat berperan dalam ajang Olimpiade kali ini karena digelar tanpa penonton." terang Dubes Heri.

Sementara itu, Chef de Mission Rosan P Roeslani menjelaskan acara pembukaan Olimpiade Tokyo akan berlangsung tanpa penonton. Dari Indonesia akan dihadiri 10 delegasi dari atlet, pelatih dan ofisial dalam parade upacara.

"Peserta defile yang membawa bendera Indonesia itu saya, lalu dari atlet Aflan Fadlan Prawita (renang putra), Azzahra (renang putri), Nurul Akmal (angkat besi) dan Rio Waida (selancar). Kemudian dari ofisial Donny, Harlin, Tipi, Dirdja, Riony dan Maniaki." jelas Chef de Mission Rosan P Roeslani.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari mengapresiasi peran dari KBRI Tokyo yang sejak awal membantu kebutuhan para atlet dan ofisial Indonesia untuk KBRI Tokyo.

Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan diselenggarakan di Olympic Stadium pada Jumat (23/7) pukul 18.00 WIB atau pukul 20.00 waktu Jepang. Acara pembukaan Olimpiade Tokyo ini akan mengusung tema "United by Emotion". Tema ini berkaitan dengan fakta bahwa Olimpiade Tokyo diselenggarakan di tengah pandemi Covid19.

Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Selain itu, KBRI Tokyo juga menggelar Lomba Video “Ganbare Indonesia” di mana masyarakat Indonesia bisa memberikan dukungan secara virtual untuk Tim Indonesia lewat video pendek di akun Instagram @KBRITokyo.

Baca Juga: 5 Rekor yang Mampu Diciptakan Indonesia di Olimpiade, Nomor 2 Paling Berkesan

“Inisiatif ini dilakukan untuk menggalang dukungan semangat dari masyarakat Indonesia untuk para atlet Indonesia”, jelas Dubes Heri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini