Maverick Vinales Pergi, sang Ayah Kritik Yamaha

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 38 2433237 maverick-vinales-pergi-sang-ayah-kritik-yamaha-2g3yxSlVXH.jpg Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

FIGUERES – Ayah Maverick Vinales, Angel Vinales, buka suara soal perpisahan sang putra dengan Monster Energy Yamaha. Dia pun mengkritik Yamaha karena hasil pengembangan motor YZR-M1 tidaklah sesuai dengan gaya balap Vinales.

Vinales baru saja membuat gempar MotoGP. Top Gun -julukan Vinales- berpisah dengan Yamaha pada akhir musim ini meski kontraknya berlaku hingga akhir musim 2022.

Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

Keputusan itu diumumkan secara resmi seusai balapan MotoGP Belanda 2021. Sekadar informasi, Vinales finis kedua di belakang rekan setimnnya, Fabio Quartararo, dalam balapan di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu 27 Juni 2021 itu.

Isu terpanas menyebutkan Vinales akan bergabung ke Aprilia Gresini. Nantinya, pembalap Spanyol itu akan menjadi rekan setim dari Aleix Espargaro yang merupakan partnernya di Suzuki Ecstar pada 2015-2016.

BACA JUGA: Maverick Vinales Pergi dari Yamaha, Andrea Dovizioso atau Franco Morbidelli Penggantinya?

Vinales pun sudah buka suara untuk menanggapi rumor itu. Dia menyatakan belum memutuskan akan bergabung ke mana pada musim depan.

“Tidak, itu tidak benar (jawaban Vinales saat ditanyai soal rumor bergabung ke Aprilia). Untuk sekarang ini, saya mau pergi liburan musim panas dan kita lihat saja nanti (terkait keputusan ke mana Vinales di MotoGP 2022),” kata Vinales, dikutip dari Motorsport, Rabu (30/6/2021).

Vinales kini sedang menikmati liburan musim panas 2021 setelah berjuang keras pada paruh pertama musim 2021. Pada saat bersamaan, Angel melontarkan kirik pada Yamaha yang disebutnya hanya membuat motor sesuai dengan gaya balap Jorge Lorenzo (mantan pembalap Yamaha dan legenda MotoGP) dan Quartararo.

“Awalnya Yamaha tidak mau (melepas Vinales). Lin (Jarvis, Direktur Balap Yamaha) menangis dan segalanya. Dia tidak percaya, tapi ini masa lalu. Motor ini untuk dikendarai Lorenzo atau Quartararo,” kata Angel, dikutip dari Motosan.

Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

“Ini mentega (lembek). Maverick (Vinales) membutuhkan lebih banyak kekakuan. Mengapa? Karena Maverick seperti Marc (Marquez, pembalap Repsol Honda), mereka menyerang dengan keras untuk memanfaatkan potensi mereka,” tuturnya.

“Motor itu memiliki batas dan tidak akan membiarkan Anda pergi dari sana. Mereka tidak tahu bagaimana memberikan apa yang dia (Vinales) inginkan dan dia tidak tahu bagaimana mengendarai motor itu 100 persen. Ini adalah akumulasi dari hal-hal itu,” ucap Angel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini