Vinales Gandeng Mantan Kepala Kru Valentino Rossi, Meregalli Punya Kekhawatiran

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 38 2425010 vinales-gandeng-mantan-kepala-kru-valentino-rossi-meregalli-punya-kekhawatiran-dQSXwnwlQU.jpg Maverick Vinales dan Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

LESMO – Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli, mengomentari keputusan Maverick Vinales menggandeng mantan kepala kru Valentino Rossi, Silvano Galbusera, di pertengahan musim MotoGP 2021. Bagi Meregalli, keputusan ini bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan.

Sebab, pergantian kepala kru di pertengahan musim tentunya bisa memberi dampak mendalam bagi penampilan si pembalap. Tak ayal, Meregalli pun kini menyimpan kekhawatiran.

Maverick Vinales

Sebagaimana diketahui, keputusan mengejutkan diambil Vinales jelang MotoGP Catalunya 2021. Dia memutuskan berpisah dengan kepala krunya, Esteban Garcia.

Sebagai gantinya, Maverick Vinales pun menggandeng mantan kepala kru Valentino Rossi, yakni Silvano Galbusera. Sosok Galbusera memang tak asing bagi Yamaha, tetapi catatannya diketahui kurang baik kala memimpin kru tim balap Valentino Rossi.

BACA JUGA: Gagal Sabet Podium di MotoGP Catalunya 2021, Begini Reaksi Maverick Vinales

Kerja sama Rossi dengan Galbusera diketahui dimulai pada 2014. Tetapi sejak mengganti kepala krunya dengan Galbusera, juara dunia sembilan kali itu diketahui menunjukkan penurunan kinerja hingga kerap mendulang pil pahit dalam balapan.

BACA JUGA: Memble di MotoGP 2021, Maverick Vinales Dapat Kritik Pedas

Usai mendapat rentetan hasil minor, Rossi akhirnya mendepak Galbusera pada 2019. Pengumuman itu disampaikan sebelum balapan di MotoGP Thailand 2019. Rossi pun memilih Davide Munoz yang sebelumnya berstatus sebagai kepala kru Nicolo Bulega bersama Tim Sky Racing VR46 di Moto2 sebagai pengganti Galbusera.

Tetapi, Meregalli tentunya berharap kinerja lebih apik bisa ditunjukkan Vinales usai pergantian kepala kru ini. Sebab, Yamaha mengharapkan hasil fantastis dari pembalap asal Spanyol itu.

"Perubahan posisi kepala kru di tengah musim bukanlah perkara mudah. Pembalap papan atas seperti Maverick Vinales adalah investasi besar bagi kami,” ujar Meregalli, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Senin (14/6/2021).

“Dalam beberapa minggu menjelang GP Catalunya, penampilannya tidak seperti yang kami harapkan. Kami kemudian melakukan diskusi internal dan bersama-sama sepakat bahwa kami harus mengganti kepala kru, karena kami semua tahu Maverick memiliki potensi besar,” lanjutnya.

Valentino Rossi

“Pilihan jatuh kepada Silvano Galbusera karena dia memiliki banyak pengalaman dan karena dia sudah menjadi salah satu karyawan terdekat kami. Dia sebelumnya adalah Direktur Teknis tim uji MotoGP dengan Cal Crutchlow,” jelas Meregalli.

“Kami yakin bahwa kami membuat pilihan yang baik dan Silvano adalah orang yang tepat untuk membantu Maverick,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini