Valentino Rossi Resmi Pensiun dari MotoGP Bulan Ini? Sirkuit Assen Jadi Saksi Bisu

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 38 2422362 valentino-rossi-resmi-pensiun-dari-motogp-bulan-ini-sirkuit-assen-jadi-saksi-bisu-2eWQ9cYiPw.jpg Valentino Rossi pensiun dari MotoGP bulan ini? (Foto: MotoGP.com)

VALENTINO Rossi dikabarkan resmi pensiun dari MotoGP bulan ini, Juni 2021. Menurut laporan media Spanyol, El Periodico, Okezone mengutip dari Tutto Motori Web, Valentino Rossi pensiun kelar seri kesembilan MotoGP 2021 yang digelar di Sirkut Assen pada Minggu 27 Juni 2021.

Kenapa Sirkuit Assen yang dipilih Valentino Rossi sebagai arena terakhirnya membalap di ajang MotoGP? Kemungkinan besar karena sirkuit tersebut merupakan venue terakhir The Doctor –julukan Valentino Rossi– memenangkan race MotoGP.

Valentino Rossi

Sekadar informasi, Valentino Rossi terakhir kali meraih kemenangan di MotoGP tercipta di Sirkuit Assen, tepatnya pada 2017. Setelah race MotoGP Belanda 2017 itu, Valentino Rossi tak pernah lagi memenangkan balapan.

Semusim berselang di MotoGP 2018, Valentino Rossi memang finis ketiga di klasemen akhir. Namun, saat itu tidak satu kali pun Valentino Rossi memenangkan balapan.

Kelar MotoGP 2018, performa Valentino Rossi terjun bebas. Di MotoGP 2019, The Doctor –julukan Valentino Rossi– hanya finis di posisi tujuh klasemen. Semusim berselang hasil yang didapat Valentino Rossi lebih buruk lagi.

BACA JUGA: Diejek Marc Marquez, Valentino Rossi Resmi Pensiun Kelar MotoGP Belanda 2021?

Valentino Rossi hanya menempati posisi 15 klasemen akhir MotoGP 2020! Pencapaian itu merupakan yang terburuk semenjak Valentino Rossi mentas di kelas premier pada 2000.

Bagaimana musim ini? Hasil yang didapatkan Valentino Rossi jauh lebih buruk. Membela tim satelit Yamaha yakni Petronas Yamaha, Valentino Rossi hanya mendapatkan 15 poin dalam tujuh race!

Valentino Rossi

Terbaru, Valentino Rossi gagal finis saat mentas di MotoGP Catalunya! Disinyalir, serangkaian hasil buruk di atas yang membuat Valentino Rossi berencana memutuskan pensiun dari MotoGP.

Uniknya jika kabar di atas kesampaian, Valentino Rossi akan pensiun di pertengahan musim, bukan di akhir kompetisi. Meski begitu, jadi atau tidaknya Valentino Rossi pensiun tengah musim ini, apresiasi layak diberikan kepada rider 42 tahun tersebut.

Valentino Rossi tercatat sebagai pembalap dengan gelar juara kedua terbanyak di kelas premier/MotoGP dengan tujuh trofi. Ia hanya kalah satu gelar dari Giacomo Agostini di posisi puncak.

Selain itu, sikapnya yang santun dan kehebatannya dalam mengendarai kuda besi membuat Valentino Rossi menjadi role model banyak pembalap, termasuk juara dunia enam kali kelas MotoGP, Marc Marquez.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini