MotoGP Italia 2021 Tetap Digelar usai Rider Moto3 Meninggal, Petrucci Kritik Dorna

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 31 Mei 2021 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 38 2418154 motogp-italia-2021-tetap-digelar-usai-rider-moto3-meninggal-petrucci-kritik-dorna-j5hHApxdkV.jpg Danilo Petrucci (Foto: motogp.com)

MUGELLO – Pembalap Tim Tech3 KTM, Danilo Petrucci, melempar kritikan kepada Dorna yang tetap menggelar balapan MotoGP musim 2021 seri Italia, usai terdapat rider Moto3, Jason Dupasquier, meninggal dunia. Bahkan, Petrucci tidak segan menyebut Dorna munafik.

Sebagaimana diketahui, Dupasquier mengalami sebuah insiden ketika menjalani Kualifikasi 2 Moto3 Italia 2021 di Sirkuit Mugello. Ya, Dupasquier terlibat senggolan dengan rider Tim Red Bull KTM Tech 3, Ayumu Sasaki, serta Indonesian Racing Team Gresini, Jeremy Alcoba, di Tikungan 9.

Jason Dupasquier

Gara-gara insiden itu, Sasaki dan Alcoba mengalami cedera parah. Sementara Dupasquier tidak sadarkan diri sehingga harus ditangani oleh petugas medis dan staf medis sirkuit. Setelah 45 menit dievakuasi oleh petugas medis, Dupasquier pun dilarikan ke Rumah Sakit untuk mendapatkan penanganan lebi lanjut.

Dari hasil pemeriksaan di Rumah Sakit Careggi di Florensia, pembalap berusia 19 tahun itu dinyatakan mengalami mengalami politrauma di bagian kepala, dada, dan perut. Situasi itu membuat Dupasquier harus menjalani dua kali operasi, namun nyawanya tak tertolong.

Baca Juga: Kesalnya Danilo Petrucci Dipaksa Tetap Balapan Usai Pembalap Jason Dupasquier Meninggal

Meski baru saja terdapat pembalap yang meninggal dunia, pihak Dorna –penyelengara MotoGP– tetap memutuskan balapan di MotoGP Italia 2021 tetap digelar. Perihal itulah yang membuat sebagian besar pembalap kesal, tak terkecuali Petrucci.

Bahkan, Petrucci secara terbuka melemparkan kritikan terhadap Dorna. Ya, pembalap berusia 30 tahun tersebut menilai Dorna sebagai sekelompok orang munafik.

Pasalnya sejauh ini, Dorna memang gembar-gembor selalu berujar untuk mengedepankan keselamatan para pembalap, yang mana hal itu tak terlihat kala memilih tetap menggelar balapan MotoGP Italia 2021 sesaat setelah Dupasquier dinyatakan meninggal dunia.

“Terlepas kabar Jason meninggal sebelum balapan, kemarin helikopter meninggalkan trek dan tiga menit kemudian kami turun lintasan seolah tak terjadi apa-apa,” jelas Petrucci, seperti dirangkum dari Crash, Senin (31/5/2021).

Danilo Petrucci

“Tak ada yang minta kami rapat hari ini untuk bilang, 'Salah satu dari kita tak lagi bersama kita, bisakah kita diskusi apakah tepat bagi keluarga atau kerabatnya jika kita tetap balapan?' Tak seorang pun memintanya kepada kami,” sambungnya.

Baca Juga: Selain Marc Marquez, 2 Pembalap Ini Diprediksi Cocok dengan Motor Repsol Honda

“Setidaknya, gelarlah rapat. Berbagi opini dan komentar bakal lebih baik. Saya memang tak kenal Jason secara pribadi, namun saya membayangkan jadi kerabatnya, sudah pasti mereka ingin menyingkirkan motor,” tuntas pembalap asal Italia itu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini