Marc Marquez Pensiun, Pedro Acosta Layak Jadi Pembalap Repsol Honda?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 38 2411547 marc-marquez-pensiun-pedro-acosta-layak-jadi-pembalap-repsol-honda-YLUDlYQCUk.jpg Marc Marquez kapan pensiun dari MotoGP? (Foto: MotoGP.com)

NAMA pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta, menjadi perbincangan dalam beberapa minggu terakhir. Kiprah apiknya di lima race awal Moto3 2021, membuat Pedro Acosta digadang-gadang layak menggantikan posisi Marc Marquez di Repsol Honda suatu hari nanti.

Sekarang yang jadi pertanyaan, seberapa layakkah Pedro Acosta menggantikan peran pembalap sebesar Marc Marquez? Mungkin terlalu cepat menyebut Pedro Acosta layak menggantikan peran Marc Marquez.

Pedro Acosta

(Pedro Acosta bisa gantikan posisi Marquez?)

Benar, Pedro Acosta memenangkan tiga dari lima race awal Moto3 2021. Namun, belum ada gelar juara yang didapat Pedro Acosta.

Sekadar informasi, Moto3 2021 merupakan kesempatan pertama Pedro Acosta turun di ajang Grand Prix. Pembalap sekaliber Marc Marquez pun butuh jatuh bangun hingga akhirnya naik ke kelas MotoGP.

Marc Marquez tercatat tiga tahun (2008-2010) bersekolah di kelas Moto3. Setelah di dua tahun awal gagal, baru di tahun ketiga Marc Marquez keluar sebagai juara dunia Moto3.

BACA JUGA: Marc Marquez Pensiun, Repsol Honda Kehilangan Taji di MotoGP?

Setelah menjadi kampiun MotoGP 2010, barulah Marc Marquez menjajal Moto2 2011. Di tahun perdana tampil di Moto2 (2011), Marc Marquez finis di posisi dua. Namun, Marc Marquez tidak buru-buru promosi ke kelas MotoGP.

Baru setelah menjadi kampiun Moto2 2012, Marc Marquez berani promosi ke MotoGP 2013. Saat itu, beban berat ditanggung Marc Marquez, yakni menggantikan pembalap sekaliber Casey Stoner yang menyandang dua gelar juara dunia MotoGP.

Marc Marquez

Namun, tekanan itu mampu dibalikkan Marc Marquez menjadi motivasi. Hebatnya, Marc Marquez langsung menjadi kampiun di musim pertamanya eksis di MotoGP!

Hingga kini, total Marc Marquez sudah enam kali menjadi kampiun di kelas premier/MotoGP. Ia hanya kalah dari Giacomo Agostini (8) dan Valentino Rossi (7).

Karena itu, Pedro Acosta perlu menunjukkan dirinya layak menggantikan posisi Marc Marquez. Tentu caranya dengan menjadi kampiun Moto3 dan Moto2 terlebih dulu. Menarik menanti siapa sosok suksesor Marc Marquez nantinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini