Rafael Nadal Masih Galau untuk Ambil Bagian di Olimpiade Tokyo

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 16 Mei 2021 04:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 40 2410648 rafael-nadal-masih-galau-untuk-ambil-bagian-di-olimpiade-tokyo-zYUN0glXDl.jpg Rafael Nadal. (Foto: Instagram/@rolandgarros)

MADRID – Petenis putra nomor tiga dunia, Rafael Nadal, masih ragu untuk ikut ambil bagian dari di Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung tahun ini. Keraguan Nadal untuk tampil di pesta olahraga multievent terakbar di dunia ini muncul karena pandemi Covid-19 yang tengah merebak saat ini.

Sebagaimana diketahui, penyelenggaran pesta olahraga multievent terakbar di dunia, Olimpiade Tokyo 2020, harus mengalami penundaan akibat merebaknya virus Covid-19 secara global. Rencananya, Olimpiade Tokyo akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

Rafael Nadal

Meski persiapan terus dilakukan pemerintah setempat, ada keraguan bahwa Olimpiade Tokyo 2020 bisa digelar. Terlebih, muncul sebuah petisi baru yang menyerukan pembatalan Olimpiade Tokyo. Kini, petisi itu sudah mendapatkan 350 ribu tanda tangan.

BACA JUGA: Warga Layangkan Petisi Tolak Olimpiade Tokyo 2020 ke Pemerintah Jepang, Kejuaraan Dibatalkan?

Pemerintah Jepang juga baru-baru ini diketahui memperluas keadaan darurat virus Covid-19. Penerapan keadaan darurat ini diberlakukan setelah meningkatnya kasus Covid-19 di Negeri Sakura. Status darurat diberlakukan di tiga wilayah, salah satunya Tokyo, hingga akhir Mei.

BACA JUGA: Soal Kemungkinan Tampil di Olimpiade Tokyo 2020, Begini Komentar Roger Federer

Di tengah kondisi ini banyak keraguan bahwa Olimpiade Tokyo bisa tetap digelar. Sekalipun digelar, Nadal pun masih ragu apakah dirinya akan turut ikut ambil bagian atau justru akan absen.

"Saya belum tahu. Sejujurnya, saya tidak bisa memberikan jawaban yang jelas karena saya tidak tahu. Saya tidak tahu kalender saya,” ujar Nadal, sebagaimana dikutip dari Tennis World USA, Minggu (16/5/2021).

“Dalam kondisi normal, saya tidak akan pernah melewatkan Olimpiade, tentu saja. Semua orang tahu betapa pentingnya bagi saya selalu bermain Olimpiade,” lanjutnya.

"Dalam keadaan seperti ini, saya tidak tahu. Mari kita lihat apa yang terjadi dalam beberapa bulan ke depan. Tapi, saya perlu mengatur jadwal saya. Jadwal saya di tahun normal, saya biasanya tahu jadwal saya hampir 100% sejak 1 Januari sampai akhir musim,” tutur petenis asal Spanyol itu.

Rafael Nadal

Nadal bukan satu-satunya petenis yang masih ragu untuk ambil bagian di Olimpiade Tokyo 2020. Ada nama Roger Federer hingga petenis tuan rumah, Naomi Osaka, yang juga masih bertanya-tanya soal penyelenggaran Olimpiade tahun ini. Federer sendiri berharap ada kepastian dari pihak penyelenggara soal jadi atau tidaknya penyelenggaran Olimpiade.

“Saya pikir yang dibutuhkan atlet adalah keputusan, apakah itu terjadi atau tidak. Saat ini, kami memiliki kesan bahwa itu akan terjadi. Kami tahu situasinya kini berubah-ubah,” tutur Federer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini