Kasus Covid-19 di New Delhi Meningkat, India Open 2021 Berjalan Secara Tertutup

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 40 2394386 kasus-covid-19-di-new-delhi-meningkat-india-open-2021-berjalan-secara-tertutup-KATJ5cHC00.jpg Foto Ilustrasi Bulu Tangkis

NEW DELHI – Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI) memastikan turnamen India Open 2021 Super 500 akan tetap berjalan sesuai rencana. Meski ada peningkatan Covid-19 di New Delhi, tetapi ajang tersebut akan berlangsung secara tertutup.

Turnamen berhadiah USD400 ribu tersebut rencananya akan berlangsung di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi pada 11-16 Mei 2021. Akan tetapi, dengan adanya peningkatan Covid-19 di Ibukota India tersebut, muncul keraguan India Open 2021 akan berjalan sesuai jadwal.

Bulu Tangkis

Sebagai turnamen yang masuk dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo, tentu India Open 2021 Super 500 menjadi salah ajang yang diminati oleh para pebulu tangkis dunia. Karena itu, demi mengakomodir turnamen tersebut BAI akhirnya menetapkan aturan terbaru.

Baca juga Malaysia Open 2021 Berencana Izinkan Penonton Hadir di Arena

Melalui Twitter resmi BAI, dilansir Rabu (14/4/2021), mereka mengumumkan India Open 2021 akan tetap berjalan sesuai rencana, tetapi diadakan dalam sistem bio secure bubble. Artinya, turnamen itu akan dijalankan tanpa adanya penonton, termasuk juga media.

Baca juga Indonesia Usulkan Perubahan Skor 5x11 ke BWF, Ini Reaksi Pebulu Tangkis Malaysia

Lebih lanjut, menurut laporan Hindustan Times, semua pemain dan ofisial yang datang dari Afrika Selatan, Brasil, Timur Tengah, dan Eropa akan menjalani karantina selama tujuh hari. Sedangkan skuad yang lain dapat tiba pada 6 Mei dan menjalani isolasi terlebih dahulu selama empat hari.

Tes swab PCR para pemain dan ofisial pun akan dilakukan secara berkala. Tes tersebut akan diadakan pada saat kedatangan 3 Mei dan 6 Mei serta 9 Mei dan 14 Mei. BAI juga menjamin untuk makanan semua peserta, ofisial, dan tenaga pendukung selama masa karantina.

“Dengan lonjakan kasus baru-baru ini, kami harus lebih berhati-hati. Keamanan pemain selalu menjadi yang utama dan prioritas utama kami dan turnamen ini tidak akan berbeda,” ucap sekretaris jenderal BAI, Ajay Singhania, mengutip dari Hindustan Time, Rabu (14/4/2021).

Sejauh ini turnamen tersebut akan diikuti 228 peserta dari 33 negara. Tunggal putra peringkat satu dunia, Kento Momota asal Jepang, telah mengonfirmasi keikutsertaannya. Begitu pula dengan peraih medali emas Olimpiade 2016 yakni Carolina Marin.

Tim bulu tangkis Indonesia

Indonesia sendiri akan mengirimkan tiga perwakilannya yakni dua ganda campuran dan satu ganda putra. Ganda campuran ada Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. Sedangkan di ganda putra, Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani.

Keikutsertaan ganda campuran Hafiz/Gloria sendiri memang cukup menarik perhatian karena pasangan peringkat sembilan dunia itu membawa misi khusus. Mereka tengah mencari poin sebanyak-banyaknya dari India Open 2021 demi mengamankan tempat di Olimpiade Tokyo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini