Penyebab Valentino Rossi Melempem di Kualifikasi MotoGP Doha 2021

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 04 April 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 04 38 2389067 penyebab-valentino-rossi-melempem-di-kualifikasi-motogp-doha-2021-g9rSIGPdfc.jpg Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. (Foto: Twitter/valeyellow46)

DOHA – Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, bakal memulai balapan MotoGP Doha 2021 dari barisan terbelakang. Tepatnya Rossi start dari posisi ke-21 pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Losail, Doha pada Senin 5 April 2021 dini hari WIB.

Buruknya catatan waktu yang diraih Rossi saat menjalani sesi kualifikasi menjadi penyebab utama mengapa The Doctor bakal memulai balapan GP Doha dari barisan belakang. Tercatat Rossi hanya mampu mencatatkan waktu 1 menit 54,881 detik saat kualifikasi tersebut.

Perbedaan waktu Rossi dengan Jorge Martin (Pramac Ducati) yang meraih pole position di kualifikasi MotoGP Doha 2021 bahkan mencapai hampir 2 detik. Hal itu memperlihatkan betapa lambatnya Rossi saat melakukan satu putaran di Sirkuit Losail tersebut.

Baca Juga: Start dari Posisi 10, Morbidelli Kembali Dipusingkan Masalah Motor

Valentino Rossi

Lantas apa yang membuat Rossi tampil begitu melempem saat kualifikasi? Ternyata rider asal Italia mengalami banyak kendala terhadap motornya. Namun, masalah ban menjadi hal yang paling membuat gangguan terhadap performa Rossi di kualifikasi MotoGP Doha 2021.

“Hari yang sulit karena saya tidak pernah merasa kuat. Kami berusaha meningkatkan perasaan dengan ban belakang, tetapi saya sangat menderita. Saya tidak mendapat daya cengkeram yang bagus saat berakselerasi. Alhasil, setelah beberapa putaran, laju saya tidak bagus,” ujar Valentino Rossi, melansir dari Crash, Minggu (4/4/2021).

“Pada kualifikasi, saya tidak mendapat perasaan yang bagus untuk melaju cukup kencang dengan ban baru. Ketika memakai ban lunak, saya memberi tekanan terlalu berat pada ban belakang. Saya tidak bisa melajukan motor lebih kencang karena merasakan getaran,” tambah pembalap berusia 42 tahun itu.

“Sepertinya, ban menjadi lebih panas dan saya tidak cukup kencang. Namun, ban ini sama seperti yang dipakai pembalap lain. Saya harus memahami situasinya, mencoba hal lain (untuk balapan), dan kita lihat saja nanti,” sambung rekan setim Franco Morbidelli tersebut.

Masalah ban sebenarnya sudah dirasakan Rossi sejak menjalani sesi latihan bebas di MotoGP Doha 2021 tersebut. Bahkan ban juga menjadi alasan utama Rossi gagal tampil bersinar di balapan MotoGP Qatar 2021 yang berlangsung akhir pekan lalu.

Khusus di seri Doha, mimpi buruk itu sudah terlihat sejak Valentino Rossi hanya bisa mencatatkan waktu tercepat 1 menit 54,112 detik pada catatan waktu kombinasi. The Doctor terpaksa melalui babak pertama sesi kualifikasi balapan seri kedua MotoGP 2021 tersebut.

Valentino Rossi

Performanya kian menurun pada sesi latihan bebas empat (FP4). Padahal, sesi yang berlangsung selama 30 menit itu berguna untuk mencari setelan terbaik jelang kualifikasi. Ia hanya menempati posisi 21!

Ternyata, posisi pada FP4 itu berlanjut ke sesi kualifikasi. Valentino Rossi hanya mampu membukukan waktu satu putaran tercepat 1 menit 54,881 detik. Akibatnya, pembalap asal Italia itu bakal start dari posisi 21 dan hanya unggul dari Lorenzo Salvadori!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini