Salah Strategi, Bagnaia Nyesel Sempat Duel dengan Vinales di MotoGP Qatar 2021

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 38 2385986 salah-strategi-bagnaia-nyesel-sempat-duel-dengan-vinales-di-motogp-qatar-2021-J5VjiL4oOS.jpg Bagnaia dan Vinales. (Foto: MotoGP)

DOHA – Pembalap Tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia senang karena berhasil finis di urutan ketiga pada balapan MotoGP Qatar 2021, Senin (29/3/2021) dini hari WIB. Namun, sebenarnya ada penyesalan yang membuat keberhasilannya di balapan pembuka MotoGP 2021 itu jadi kurang maksimal.

Penyesalan Bagnaia di balapan perdana MotoGP 2021 itu terkait strategi yang dipakainya saat balapan di Sirkuit Losail, Qatar tersebut berlangsung. Menurut Bagnaia, seharusnya ia bisa memenangkan balapan MotoGP Qatar 2021 itu.

Sebab pada awalnya Bagnaia mampu memimpin jalannya balapan usai mengawali race dari pole position. Akan tetapi, kehadiran rider Monster Energy Yamaha, yakni Maverick Vinales mengubah semuanya.

Baca Juga: 5 Komentar Valentino Rossi Setelah MotoGP Qatar 2021, Cari Alasan?

Francesco Bagnaia

Pada saat Vinales mendekatinya, Bagnaia mencoba strategi untuk menutup jalur masuk rider asal Spanyol tersebut. Pembalap yang akrab disapa Pecco itu melakukan berbagai cara agar Vinales tak bisa melewatinya dengan mudah.

Kendati begitu, ternyata itu adalah sebuah strategi yang salah yang telah diambil oleh Bagnaia. Sebab gara-gara usahanya yang selalu menutup Vinales, Bagnaia akhirnya memaksakan kinerja bannya dengan berlebihan.

Alhasil ketika balapan memasuki pertengahan, Bagnaia kehilangan kualitas bannya. Terutama pada ban bagian belakang yang membuatnya kesulitan memaksimalkan Desmosedici GP21.

Selain karena faktor ban yang cepat haus, kondisi lintasan yang berbeda ketimbang saat tes latihan bebas membuat Bagnaia kesulitan juga. Jadi, gara-gara faktor ban itulah yang membuat Bagnaia tak bisa mengejar Vinales di akhir-akhir lap.

“Hari ini saya berusaha sangat keras untuk tetap memimpin dan menutup semua pintu masuk bagi Vinales. Sayangnya menurut saya, saya telah membuat strategi yang salah dan terlalu banyak memakai ban di awal,” kata Bagnaia, melansir dari laman resmi Ducati, Senin (29/3/2021).

Francesco Bagnaia

“Setelah tujuh lap, saya mulai banyak kesulitan, terutama di bagian belakang, dan saya pikir itu juga karena kondisi trek yang berbeda hari ini dibandingkan beberapa hari terakhir,” tambah rekan setim Jack Miller tersebut.

Terlepas dari itu semua, Bagnaia tetap senang dengan finis di urutan ketiga. Itu menjadi podium kedua bagi Bagnaia di kelas MotoGP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini