Menangi MotoGP Qatar 2021, Vinales Sebut Dirinya Tampil Cerdas

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 02:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 38 2385606 menangi-motogp-qatar-2021-vinales-sebut-dirinya-tampil-cerdas-Sm1v4hQBSx.jpg Pembalap Yamaha, Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

DOHA – Kemenangan berhasil didapat oleh pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, kala melakoni MotoGP Qatar 2021 di Sirkuit Losail. Berbicara soal kiat suksesnya, Vinales menilai bahwa dirinya sudah tampil cerdas.

Dalam balapan yang berlangsung pada Senin (29/3/2021) dini hari WIB tersebut, Vinales sebenarnya start dari posisi ketiga. Akan tetapi, ia melakukan start yang buruk sehingga posisinya pun disalip oleh sejumlah pembalap seperti Jack Miller, Johann Zarco, dan Jorge Martin.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2021 Usai GP Qatar: Vinales di Puncak, Valentino Rossi Tercecer

Diakui oleh Vinales bahwa hal tersebut membuatnya mendapatkan tekanan. Meski begitu, ia mampu mengendalikan diri dengan baik dan tetap tampil tenang. Vinales pada saat itu berpikir bahwa hal terpenting adalah untuk menghemat ban.

Maverick Vinales

Maka dari itu The Top Gun –julukan Vinales- tidak terburu-buru untuk mengejar. Karena ia khawatir jika memacu motornya dengan sangat kuat di awal, hal itu akan membuat ban yang dipakainya semakain cepat menipis.

Baca juga: Puig Ungkap Alasan Marc Marquez Absen di Qatar

“Awalnya tidak berjalan dengan baik. Saya memiliki roda yang kuat, jadi saya harus terus berkembang. Tapi saya memaksakan diri untuk beristirahat dan menghemat ban,” jelas Vinales, dinukil dari Speedweek, Senin (29/3/2021).

“Saya sudah berusaha keras untuk mengemudi dengan cerdas dan memacu motor di tempat yang tepat. Segera setelah saya unggul atas para pengejar, saya bisa mengendalikan keausan ban dengan baik,” sambungnya.

Vinales sendiri sebenarnya mengakui bahwa melawan Ducati di Sirkuit Losail bukanlah hal yang mudah. Sebab, pada sektor akhir sirkuit ini terdapat trek lurus panjang yang mana sangat menguntungkan motor balap Ducati, Desmosedici.

“Sejauh ini saya selalu percaya bahwa menyalip melawan Ducati di lintasan ini akan sulit. Tapi kemarin saya punya perasaan untuk pertama kalinya bahwa kami bisa mengambil posisi dalam balapan - dan hari ini kami membuktikannya,” ujar Vinales.

Maverick Vinales

Menurut Vinales, kemenangan ini menjadi awal yang sempurna baginya dalam mengarungi Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Apalagi, istri Vinales, Raquel, tengah hamil dan ia menantikan anak pertamanya.

“Ini adalah akhir pekan yang sempurna. Hanya itu yang bisa saya katakan. Terima kasih untuk tim dan anggota keluarga terdekat saya. Anda tahu istri saya sedang mengandung. Semua ini luar biasa! Saya sangat bersyukur atas semua yang terjadi saat ini," sebut The Top Gun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini