Ducati Beri Sinyal Gaet Tim VR46 untuk MotoGP 2022

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 05:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 38 2383616 ducati-beri-sinyal-gaet-tim-vr46-untuk-motogp-2022-SYgeIm5bs0.jpg Motor yang akan dipakai Luca Marini (Foto: Twitter/@SkyRacingTeam)

LOSAIL – Direktur Olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti, mengungkap keinginan mempertahankan dua tim independen. Ia lantas memberi sinyal bakal menggaet salah satu dari Gresini Racing atau Sky VR46.

Sekadar informasi, Ducati Corse memiliki dua tim independen pada MotoGP 2021. Keduanya adalah Pramac dan Esponsorama Avintia. Kebetulan, tim yang namanya disebut terakhir bakal habis kontrak pada penghujung musim ini bersama Dorna Sports (pemegang lisensi MotoGP).

Baca juga: Dovizioso Tertantang Taklukan RS-GP Milik Aprilia Gresini

Dengan demikian, Ducati Corse terancam hanya memiliki satu tim satelit (independen) saja pada 2022. Angin segar berhembus seiring kemungkinan perpisahan Gresini Racing dengan Aprilia serta ambisi Valentino Rossi membawa Sky Racing VR46 ke kelas MotoGP.

Luca Marini diperkenalkan Avintia (Foto: Twitter/@SkyRacingTeam)

Paolo Ciabatti menegaskan pihaknya ingin mempertahankan skema dua tim independen pada 2022. Ia lantas mengakui tengah menjalin kontak dengan Gresini Racing dan VR46. Namun, belum ada keputusan apa pun hingga saat ini.

Baca juga: Pesan Meregalli untuk Vinales Jelang Tampil di Balapan Perdana

“Kami sudah menjalin kontak dengan kedua tim itu. Namun, setelah kepergian Fausto (pemilik Tim Gresini), kami harus sedikit bersabar dan menunggu,” ungkap Paolo Ciabatti, dikutip dari Corse di Moto, Kamis (25/3/2021).

“Jika ada kemungkinan, Ducati ingin meneruskan skema ini. Dengan begitu, kami bisa melanjutkan program dengan pembalap-pembalap muda dan menawarkan mereka kesempatan,” imbuh pria berpaspor Italia itu.

Kans menggandeng Sky Racing VR46 terbuka lebar. Pasalnya, tim tersebut sudah mengakuisisi setengah dari Esponsorama lewat kehadiran Luca Marini. Adik tiri Valentino Rossi itu secara resmi membela tim bernama Esponsorama Avintia Sky VR46.

Lebih lanjut, Paolo Ciabatti juga menunggu seperti apa langkah yang akan diambil Suzuki. Pabrikan asal Jepang itu pernah berambisi memiliki tim satelit pada MotoGP 2022. Andai tetap memiliki dua tim independen, Ducati Corse disebutnya takkan kesulitan mengatur sistem operasional.

Paolo Ciabatti

“Kami sudah menunjukkan di masa lalu bisa mengatur dua tim satelit bersama tim pabrikan dengan cukup bagus. Kami punya pengalaman untuk yang satu ini,” urai Paolo Ciabatti.

“Sistem tiga tim kami adalah yang paling ideal dalam hal logistik serta sumber daya manusia. Kami punya lima teknisi Ducati di Pramac dan lima lagi di Esponsorama. Kami ingin terus seperti ini, setidaknya hingga 2022,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini