Siapa Dadang Subur Alias Dewa Kipas Calon Lawan Grand Master Irene Kharisma?

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 20 Maret 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 43 2380942 siapa-dadang-subur-alias-dewa-kipas-calon-lawan-grand-master-irene-kharisma-nkA7Atlum5.JPG Dadang Subur alias Dewa Kipas. (Foto/tangkapan layar Channel YouTube Deddy Corbuzier)

JAKARTA - Dadang Subur pemilik akun Dewa Kipas di Chess.com akan menjadi lawan Grand Master, Irene Kharisma Sukandar. Pertandingan akan berlansung dengan format persahabatan di channel YouTube, Deddy Corbuzier pada Senin 22 Maret 2021.

Lalu siapa sebenarnya Dadang Subur alias Dewa Kipas? Namanya berhasil mencuat setelah dia berhasil mengalahkan pecatur Amerika Serikat, yang memiliki gelar International Master, Levy Rozman, pemilik akun GothamChess di Chess.com.

Foto/YouTube

Kekalahan Levy Rozman dari Dadang Subur memicu reaksi dari para penggemar pemilik akun GothamChess itu. Para penggemar Levy Rozman melaporkan Dadang Subur ke Chess.com atas tuduhan berbuat curang dalam pertandingan melawan idolanya. Laporan itu berujung pada pemblokiran akun Dadang Subur, Dewa Kipas.

Baca juga: Irene Kharisma, Grand Master Perempuan Pertama Indonesia yang Siap Lawan Dewa Kipas

Setelah Dadang Subur terblokir di Chess.com, sang anak, Ali Akbar, pun mengunggah kasus itu ke Facebook. Dia menceritakan kronologi dari pertandingan sang ayah dengan Levy Rozman yang berujung pemblokiran akun Dewa Kipas, dan juga latar belakang Dadang Subur yang merupakan pecatur hebat, tetapi kini hanya bermain daring saja.

Baca juga: Kronologi Kisruh Dewa Kipas, GothamChess, dan Grand Master Irene Kharisma

Chess.com pun sudah buka suara tentang kasus pemblokiran akun Dadang Subur. Pihak permainan daring itu menyatakan pemblokiran tidak akan dilakukan hanya berdasarkan laporan. Menurut Chess.com, langkah Dewa Kipas dalam permainan tidak manusiawi.

Dadang Subur diketahui pernah menjuarai turnamen catur se-Kota Singkawang, Kalimantan Barat pada 2005 silam. Hal itu berdasarkan foto piagam yang diunggah ananknya Ali Akbar ke Facebook.

Foto/Facebook

Pada satu kesempatan Dadang Subur menjelaskan awal mula Dewa Kipas yang menjadi nama samarannya di Chess.com. Nama tersebut didapatnya saat dia menggeluti tenis meja di lingkungan kantornya. Kelihaiannya bermain tenis meja membuat ia mendapat julukan Dewa Kipas dari lawan-lawannya.

Dadang yang seorangg pensiunan kini tinggal di Bandung, Jawa Barat. Dia mengetahui laman Chess.com berkat diberi tahu oleh anaknya. Sejak saat itu, dia selalu bermain dan rutin mencatat setiap langkah lawan atapun dirinya saat bermain catur.

Dadang Subur alias Dewa Kipas kini akan menghadapi GM Irene Kharisma. Deddy Corbuzier sebagai penyelengara akan memberikan hadiah sebesar total Rp150 juta kepada pihak pemenang atapun yang kalah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini