Kronologi Kisruh Dewa Kipas, GothamChess, dan Grand Master Irene Kharisma

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 09:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 43 2380376 kronologi-kisruh-dewa-kipas-gothamchess-dan-grand-master-irene-kharisma-XDwSGR9sqW.jpg Deddy Corbuzier, Dadang Subur, dan Ali Akbar (Foto: Youtube/Deddy Corbuzier)

JAKARTA – Kancah percaturan Tanah Air sedang gempar dalam beberapa waktu terakhir ini. Semua berawal dari Dadang Subur yang akunnya di permainan Chess.com, Dewa Kipas, diblokir setelah mengalahkan pecatur Amerika Serikat, IM (International Master) Levy Rozman (GothamChess).

Sekadar informasi, Levy Rozman merupakan pecatur yang kerap menayangkan pertandingannya secara daring, melalui platform twitch dan youtube. Alhasil, Levy Rozman pun memiliki banyak penggemar di dunia maya.

Dadang Subur, Ali Akbar, dan Deddy Corbuzier

Kekalahan Levy Rozman dari Dadang Subur memicu reaksi dari para penggemar pemilik akun GothamChess itu. Para penggemar Levy Rozman melaporkan Dadang Subur ke Chess.com atas tuduhan berbuat curang dalam pertandingan melawan idolanya. Laporan itu berujung pada pemblokiran akun Dadang Subur, Dewa Kipas.

Setelah Dadang Subur terblokir di Chess.com, sang anak, Ali Akbar, pun mengunggah kasus itu ke facebook. Dia menceritakan kronologi dari pertandingan sang ayah dengan Levy Rozman yang berujung pemblokiran akun Dewa Kipas, dan juga latar belakang Dadang Subur yang merupakan pecatur hebat, tetapi kini hanya bermain daring saja.

Cerita Ali Akbar mendapatkan perhatian dari publik Tanah Air. Alhasil, banyak orang Indonesia yang mengkritik Chess.com dan Levy Rozman di dunia maya.

BACA JUGA: Grand Master Irene Kharisma Siap Lawan Dadang Subur Alias Dewa Kipas, Hadiah Rp150 Juta Menanti

Chess.com pun sudah buka suara tentang kasus pemblokiran akun Dadang Subur. Pihak permainan daring itu menyatakan pemblokiran tidak akan dilakukan hanya berdasarkan laporan. Menurut Chess.com, pemblokiran dilakukan secara adil.

BACA JUGA: Deddy Corbuzier Siap Undang Grandmaster Catur Asli ke Podcast

Sementara itu, Ali Akbar telah dihubungi oleh Chess.com untuk menyelesaikan masalah itu. Selain itu, Ali Akbar pun telah berkomunikasi dengan Levy Rozman agar permasalahan ini selesai secara baik-baik. Kedua pihak setuju untuk menghapus unggahan tentang pemblokiran Dadang Subur di media sosial masing-masing.

Setelah itu, Dadang Subur dan Ali Akbar diundang Deddy Corbuzier untuk tampil di video podcast-nya. Video itu tayang di youtube Deddy Corbuzier pada 13 Maret 2021 silam. Dalam video itu, Dadang Subur dan Ali Akbar menceritakan kejadian versi mereka.

Namun, video itu ternyata mengundang tanggapan dari Grand Master (GM) Indonesia, Irene Kharisma Sukandar. Melalui twitter, Irene Kharisma mengirimkan surat terbuka kepada Deddy Corbuzier agar diberi kesempatan untuk datang ke video podcast-nya. Irene Kharisma ingin memberi tanggapan tentang kasus Dadang Subur yang dinilainya telah mencoreng citra positif pecatur Indonesia.

Irene Kharisma Sukandar (Foto: Instagram/@irene_sukandar)

Video Irene Kharisma dalam podcast Deddy Corbuzier pun tayang di youtube-nya pada kemarin, Kamis 18 Maret 2021. Selain Irene, Levy Rozman pun hadir secara virtual untuk menjelaskan masalah dengan Dadang Subur dari sisinya.

Namun, ucapan Irene Kharisma dalam video itu ada yang menyinggung Dadang Subur. Alhasil, Dadang Subur pun menantang Irene Kharisma untuk menyelesaikan masalah mereka di atas papan catur.

Irene Kharisma sempat menolak tantangan Dadang Subur. Sebab, sebagai atlet, dia harus mendapatkan izin dulu dari Kemenpora dan Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) untuk bertanding.

Setelah mendapatkan izin, Irene Kharisma pun menerima tantangan dari Dadan Subur. Deddy Corbuzier pun memfasilitasi laga persahabatan itu dengan menyiapkan hadiah Rp150 juta. Pertandingan persahabatan itu akan disiarkan secara langung di youtube-nya pada Senin 22 Maret 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini