Terlihat Tegang, Begini Penampilan Gagah Aprilia Manganang dalam Sidang Pergantian Identitas

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 43 2380387 terlihat-tegang-begini-penampilan-gagah-aprilia-manganang-dalam-sidang-pergantian-identitas-NtT0bzjJnj.jpg Aprilia Manganang (Foto: Instagram/@manganang92)

JAKARTA - Mantan pevoli, Aprilia Manganang, saat ini tengah menjalani sidang pergantian identitas yang berlangsung secara virtual di Markas Besar TNI AD, Jumat (19/3/2021). Dalam proses persidangan, Aprilia pun terlihat gagah sekaligus tegang ketika mengikuti jalannya proses pergantian identitas tersebut.

Sebenarnya sidang perdata penetapan dan perubahan nama dan status jenis kelamin itu dilakukan oleh Pengadilan Negeri Tondano, Minahasa, Sulawesi Selatan. Namun, Aprilia yang ditemani Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa mengikuti proses persidangan secara virtual dari Jakarta.

Andika Perkasa dan Aprilia Manganang (Foto: Okezone/Rivan Nasri Rachman)

Inti dari persidangan itu tentunya Aprilia ingin mengubah jenis kelaminnya yang awalnya berstatus perempuan menjadi laki-laki serta untuk mengganti namanya. Nama Aprilia Perkasa pun dijadikan nama yang diajukan dalam persidangan tersebut.

Andika Perkasa dan Aprilia Manganang (Foto: Okezone/Rivan Nasri Rachman)

Dalam proses persidangan Aprilia lebih banyak diam. Ia hanya menjawab apakah keterangan para saksi dan para ahli benar atau tidak.

BACA JUGA: KSAD Sudah Siapkan Label Nama Baru untuk Serda Aprilia Manganang

Aprilia mendengarkan dan memperhatikan proses persidangan itu dengan serius. Ia bahkan jarang mengobrol dengan orang yang di sebalahnya, yang mana adalah KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa.

BACA JUGA: Foto Macho Aprilia Manganang Saat Ikuti Sidang Penetapan Jenis Kelamin

Rasa tegang lantas terlihat dari raut muka wajah mantan pevoli timnas Indonesia tersebut. Namun sesekali Aprilia tersenyum saat mendengarkan keterangan saksi dari kedua orang tuanya. Sampai saat ini pun sidang masih berlanjut.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya KSAD Andika menyatakan Serda Aprilia Manganang, menderita hipospadia sedari lahir sehingga dianggap perempuan. Padahal, Andika menegaskan bahwa Aprilia Manganang sejatinya adalah laki-laki.

Aprilia Manganang (Foto: Bagja)

Hipospadias adalah kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung. Hipospadia adalah kondisi bawaan yang relatif jarang.

Andika Perkasa, Aprilia Manganang, Diah Erwiany (Foto: Okezone/Rivan Nasri Rachman)

Kebanyakan kelainan ini tidaklah parah. Akan tetapi, kasus Aprilia Manganang termasuk dalam kategori 10 persen yang serius sehingga butuh penanganan khusus.

Namun, kelainan Aprilia Manganang mendapat perhatian TNI, tempatnya mengabdi sejak 2016 silam. Jenderal TNI Andika Perkasa pun membantu Aprilia Manganang agar kelainan ini bisa ditangani dengan baik.

Aprilia Manganang menjalani corective surgery untuk menangani kelainannya. Aprilia Manganang menjalani operasi pertama di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, dengan sukses. Rencanannya, ada satu operasi lagi yang akan dijalani Aprilia Manganang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini