Medali Aprilia Manganang Diperoleh sebagai Pevoli Putri, Menpora: Tunggu Keputusan NOC

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 43 2375574 medali-aprilia-manganang-diperoleh-sebagai-pevoli-putri-menpora-tunggu-keputusan-noc-H9oWX0XN5V.jpg Zainudin Amali berbicara kepada wartawan (Foto: Kemenpora RI)

JAKARTA – Mantan pevoli putri Indonesia, Aprilia Manganang, baru saja diumumkan status gendernya sebagai laki-laki. Dengan perubahan tersebut, maka nasib medali-medali yang pernah diraihnya menjadi pertanyaan.

Sebagaimana diketahui, selama membela Tim Nasional (Timnas) voli putri Indonesia, Aprilia Manganang berhasil menyabet sejumlah prestasi. Di antaranya adalah medali perunggu di SEA Games Myanmar 2013 dan Singapura 2015 serta sekeping medali perak di SEA Games 2017 Malaysia.

Baca juga: Dinyatakan sebagai Pria, Aprilia Manganang Akan Ganti Nama

Soal nasib medali-medali tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora) Zainudin Amali, memilih menunggu sikap NOC. Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemenpora RI, tidak bisa mengintervensi terlalu jauh.

Aprilia Manganang dinyatakan sebagai pria (Foto: IG/@manganang_92)

“Perjalanan begitu panjang baru didapatkan dia jenis kelamin pria. Itu bukan kesalahan dia atau siapa-siapa. Dulu kan tidak ada kecurigaan apa pun. Apa pun yang diperoleh sih tidak ada masalah,” tutur Zainudin Amali, saat ditemui di Kantor Kemenpora RI, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: 5 Potret Terbaru Aprilia Manganang Pamer Tubuh Kekar

“Kita serahkan itu kepada NOC, pemerintah tentu terlalu jauh kalau masuk ke itu. ya, kita tunggu aja NOC-nya seperti apa,” imbuh pria berusia 58 tahun itu.

Lebih lanjut, Zainudin Amali mengaku siap untuk berkoordinasi dengan stakeholder cabang olahraga (cabor) voli dalam hal ini PBVSI. Sebab, ia yakin PBVSI juga baru mengetahui informasi tersebut dari pihak Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Seperti diberitakan, Jenderal TNI Andika Perkasa dalam konferensi pers Selasa 9 Maret 2021 mengonfirmasi hasil tes Aprilia Manganang menyatakan dia berjenis kelamin laki-laki. Anggota TNI berpangkat Sersan Dua (Serda) itu baru menjalani tes secara komprehensif belum lama ini.

Dari tes tersebut diketahui Aprilia Manganang menderita kelainan bernama hipospadia. Kondisi tersebut menyebabkan lubang air seni tidak berada di ujung alat kelamin, tetapi bagian bawah. Akibatnya, petugas paramedis mengira Aprilia Manganang sebagai wanita saat lahir.

Aprilia Manganang berpangkat Sersan Dua (Foto: IG/@manganang_92)

Sebetulnya, kondisi yang dialami Aprilia Manganang tidaklah parah. Namun, dalam kasusnya, Aprilia termasuk dalam kategori 10% yang serius sehingga butuh penanganan yang tidak kalah seriusnya.

Kelainan yang diderita Aprilia tidak sempat ditangani dengan maksimal karena ketidakpahaman serta kondisi finansial keluarga. Alhasil, hingga berusia 28 tahun, Aprilia dinyatakan sebagai perempuan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini