Share

Jadwal MotoGP Hari Ini: Shakedown Test di Qatar

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 38 2372766 jadwal-motogp-hari-ini-shakedown-test-di-qatar-FgmSBxxX80.jpg Sirkuit Internasional Losail di Qatar (Foto: MotoGP)

LOSAIL – Kerinduan pecinta MotoGP mendengar raungan mesin motor perlahan bakal terobati mulai akhir pekan ini. Rangkaian Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 didahului dengan Shakedown Test yang digelar Jumat (5/3/2021) sore WIB di Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

Sebetulnya, Dorna Sports (pemegang lisensi MotoGP) merencanakan tes pramusim resmi pertama di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada akhir Februari 2021. Namun, kebijakan pembatasan perjalanan dari Pemerintah Negeri Jiran mengacaukan rencana tersebut.

Baca juga: Shakedown Test MotoGP Digelar di Sirkuit Losail Hari Ini, Apa Artinya dan Siapa yang Ikut?

Jadilah, seluruh rangkaian Tes Pramusim MotoGP 2021 dipindah ke Qatar. Shakedown Test yang sedianya dihelat di Malaysia, turut dipindahkan. Tes bagi pembalap pendatang baru dan test rider tersebut hanya dilakukan satu hari saja.

Luca Marini akan ambil bagian (Foto: Twitter/@SkyRacingTeam)

Shakedown Test MotoGP 2021 dijadwalkan berlangsung pada Jumat (5/3/2021) mulai pukul 18.00 WIB hingga Sabtu 6 Maret pukul 01.00 WIB. Sejumlah pembalap pendatang baru akan ambil bagian dalam tes.

Baca juga: MotoGP Rindu Aksi Marc Marquez

Setidaknya ada empat pembalap pendatang baru pada MotoGP 2021. Mereka adalah Luca Marini (Esponsorama Avintia VR46 Ducati), Enea Bastianini (Esponsorama Avintia Ducati), Jorge Martin (Pramac Ducati), dan Lorenzo Salvadori (Aprila Gresini Racing).

Bagi empat pembalap tersebut, Shakedown Test merupakan kesempatan terbaik untuk membiasakan diri dengan motor kelas MotoGP. Maka, jangan heran apabila waktu yang dicatatkan tidak terlalu baik.

Tidak hanya diikuti oleh rookie, pembalap tes tiap pabrikan juga akan ikut ambil bagian dalam Shakedown Test. Stefan Bradl (Honda), Dani Pedrosa (KTM), Sylvain Guintoli (Suzuki), akan kembali menjalankan peran mereka.

Shakedown Test kali ini juga menjadi debut Cal Crutchlow sebagai pembalap tes Yamaha. Pria asal Inggris itu direkrut guna menggantikan Jorge Lorenzo.

Stefan Bradl turun gelanggang (Foto: Honda Racing Corporation)

Bagi pembalap-pembalap tersebut, tugas mereka adalah membantu mekanik menyiapkan motor untuk dipakai saat Tes Pramusim MotoGP. Tentu, peran pembalap tes lebih krusial kali ini karena para pembalap MotoGP tidak turun gelanggang di Qatar pada 2020.

Situasi yang berbeda tentu membutuhkan setelan motor yang berbeda pula. Maka, tugas pembalap tes cukup berat kali ini. Mereka harus mencari setelan terbaik yang bisa dipakai oleh full time rider pada 6-7 dan 10-12 Maret 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini