PBSI Resmi Tarik Anthony Ginting, Praveen/Melati, dan Greysia/Apriyani dari Swiss Open

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 00:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 40 2359476 pbsi-resmi-tarik-anthony-ginting-praveen-melati-dan-greysia-apriyani-dari-swiss-open-Zc3gARes2a.jpg Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. (Foto: PBSI)

JAKARTA PBSI mengumukan kabar terbaru terkait para atlet yang bakal dikirimkan ke ajang Swiss Open yang akan dihelat pada 2-7 Maret 2021. Kabar terbaru itu terkait ada beberapa nama yang terpaksa harus ditarik dari ajang tersebut.

Tepatnya ada tiga perwakilan Indonesia yang dipastikan tidak akan mengikuti ajang Swiss Open nanti. Ketiga perwakilan itu adalah Anthony Sinisuka Ginting, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Ditariknya ketiga perwakilan itu menambah daftar atlet PBSI yang pada akhirnya tak bisa mengikuti ajang Swiss Open. Sebelumnya PBSI sudah menghapus nama Jonathan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Putri Kusuma Wardani.

Baca Juga: Jonatan Christie, Chico, dan Putri Batal Tampil di Swiss dan Jerman Open 2021

Anthony Sinisuka Ginting

Akan tetapi, kini PBSI pada akhirnya memutuskan untuk menambah pemain yang tak dikirim ke Swiss. Tentunya, ada alasan yang kuat mengapa sampai Anthony, Praveen/Melati, dan Greysia/Apriyani tak diperintahkan untuk mengikuti ajang Swiss Open.

Menurut laporan dari PBSI, ada tiga alasan yang pada akhirnya membuat ketiga nama perwakilan Tanah Air itu tak diberangkatkan ke Swiss pada Maret 2021 nanti. Alasan pertama karena ketiga nama yang baru saja dipanggil itu diminta untuk mempersiapkan diri menghadapi ajang yang jauh lebih besar.

Seperti yang diketahui, Swiss Open adalah turnamen level super 300, sangat berbeda jauh dengan All England yang memiliki level super 1000. Jadi, karena ingin meraih hasil yang lebih di komeptisi yang lebih besar, baik Anthony, Praveen/Melati, dan Greysia/Apriyani diminta untuk tetap bertahan di Jakarta untuk terus berlatih.

Alasannya keduanya karena pihak PBSI menilai kompetisi yang dilangsungkan secara beruntun tidak efektif untuk para atlet Indonesia. Bukti di seri turnamen Asia pada Januari 2021 kemarin sudah memperlihatkan hasilnya.

Lalu alasan yang terakhir karena meski ketiga perwakilan Indonesia itu absen di Swiss Open, namun hal tersebut takkan terlalu mempengaruhi pengumpulan untuk menuju ke ajang Olimpiade Tokyo pada pertengahan 2021 nanti.

“Pertama, ketiga wakil ini lebih dipersiapkan untuk meraih prestasi maksimal pada kejuaraan All England yang akan digelar pada 17-21 Maret di Birmingham, Inggris. Kedua, melihat performa pada tiga turnamen Leg Asia di Thailand sebelumnya, mengikuti tiga kejuaraan secara beruntun hasilnya tidak maksimal. Terbukti, Indonesia hanya mendapat gelar satu juara pada Yonex Thailand Terbuka, yang didapat oleh Greysia/Apriyani,” bunyi keterangan PBSI di laman resmi, Rabu (10/2/2021).

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

“Ketiga, meskipun turnamen Swiss Terbuka merupakan kejuaraan untuk kualifikasi Olimpiade, absennya 3 wakil ini tidak mempengaruhi mereka untuk merebut tiket mengikuti Olimpiade Tokyo, Juli mendatang. Bisa disebut, tiket ke pesta olahraga paling akbar sejagat tersebut, telah diamankan oleh ketiga wakil Skuad Merah-Putih,” tambah keterangan resmi dari PBSI.

Berikut daftar pemain Pelatnas PBSI pada Swiss Terbuka (Update 9 Februari 2021):

Tunggal Putra: Shesar Hiren Rhustavito

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan

Ganda Putra: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda Putri: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah.

Ganda Campuran: Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini