Ketika Khabib Nurmagomedov Murka Melihat Agamanya Dihina

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 05:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 43 2354134 ketika-khabib-nurmagomedov-murka-melihat-agamanya-dihina-127Jn3OAZE.jpg Khabib Nurmagomedov berlatih dengan Javier Mendez (Foto: Twitter/@TeamKhabib)

NAMA Khabib Nurmagomedov sudah cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia. Hal itu tidak terlepas dari sikap tegasnya terhadap mereka yang sering menjelekkan agama Islam. Salah satu contohnya terlihat saat eks petarung UFC itu murka pada akhir Oktober 2020.

Ketika itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron menuai kritik dari umat Islam dari berbagai penjuru dunia. Ia dituding menghina Islam karena membela hak berpendapat dari majalah satir Charlie Hebdo. Belum lagi, Presiden Macron menyebut ada yang salah dengan ajaran Islam, terutama di negara asalnya.

Pernyataan itu dilontarkan guna merespons pembunuhan keji terhadap seorang guru bernama Samuel Patty. Korban dipenggal lehernya setelah menunjukkan karikatur Nabi Muhammad SAW kepada murid-murid di sekolah.

Baca juga: Momen Khabib Nurmagomedov Pimpin Shalat Dua Petarung UFC Lainnya

Khabib Nurmagomedov menyentil Emmanuel Macron

Tuduhan dari Presiden Emmanuel Macron itu direspons Khabib Nurmagomedov dengan keras. Lewat akun Instagram @khabib_nurmagomedov, pria berkebangsaan Rusia itu mengunggah gambar bernada provokatif.

Poster wajah Emmanuel Macron ditambahi dengan gambar kaki seperti sudah terinjak. Tak lupa, Khabib Nurmagomedov menyentil lewat kutipan surat Al-Azhab ayat 57 tentang orang-orang yang telah menyakiti atau melecehkan Allah beserta Rasul-Nya.

“Sesungguhnya orang-orang yang menyakiti Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah akan mengusirnya dari kelapangan rahmat dunia dan akhirat. Dan disiapkan bagi mereka di akhirat, siksa yang menghinakan sebagai balasan atas perlakuan mereka yang menyakiti Rasul,” demikian arti dari kutipan surat tersebut.

Khabib Nurmagomedov memang tidak segan bereaksi keras terhadap mereka yang dianggap menghina latar belakangnya (suku, agama, dan ras). Ia juga pernah meluapkan emosi pada Oktober 2018 usai pertarungan UFC 229 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Ketika itu, emosi Khabib Nurmagomedov memuncak kepada Conor McGregor dan kawan-kawannya. Sebab, petarung asal Republik Irlandia itu berulang kali meledek dirinya, latar belakangnya, keluarga, serta agama Islam.

Khabib Nurmagomedov jadi imam Shalat

Ketaatan Khabib Nurmagomedov pada ajaran agama Islam tidak main-main. Semasa masih aktif di UFC, ia selalu mengambil cuti ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Hal itu dilakukan lantaran ingin fokus menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Tidak jarang, sikap tegasnya itu malah mendapat respons negatif. Namun, Khabib Nurmagomedov tidak peduli. Ia tetap memegang teguh prinsipnya sebagai Muslim yang taat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini