Peran Penting Alex Asmasoebrata dalam Karier Balap Cemerlang sang Putri

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 43 2337641 peran-penting-alex-asmasoebrata-dalam-karier-balap-cemerlang-sang-putri-HW1Pd1ZsGM.jpg Alexandra Asmasoebrata (Foto: Instagram Alexandra Asmasoebrata)

JAKARTA – Dunia otomotif Indonesia kembali berduka. Ya, mantan pembalap nasional, Alex Asmasoebrata, meninggal dunia pada Sabtu (2/1/2021) malam WIB. Almarhum wafat pada usia 69 tahun setelah sempat dirawat selama beberapa hari di RSCM Kencana Jakarta.

Sejak masih berusia muda, Alex sendiri memang sudah berkecimpung di dunia balap. Bahkan prestasi Alex bisa dikatakan tidak boleh dipandang sebelah mata. Kesuksesan Alex sebagai pembalap profesional sendiri turun ke sang putri, yakni Alexandra Amsasoebrata.

Ya, terinspirasi dengan kesuksesan sang Ayah di dunia balap, Alexandra pun menekuni balap sejak usia belia atau tepatnya di umur 12 tahun. Alexandra sendiri memulai karier balapnya sebagai pembalap Go Kart kelas 60 cc.

Alexandra Asmasoebrata

Alexandra sendiri berhasil menorehkan tinta emas dengan berhasil menjadi juara nasional di kelas tersebut. Hanya berjarak satu tahun, Alexandra pun coba naik ke kelas 125 cc. Di kelas tersebut prestasi Alexandra juga tidak kalah mengesankan.

Baca Juga: Alex Asmasoebrata: Dari Balap Mobil hingga Berkuda

Berkat kesuksesannya tersebut, perempuan kelahiran Jakarta, 23 Mei 1988 tersebut bahkan sampai mengikuti beberapa kejuaraan balap Go Kart tingkat Asia Tenggara. Nama Alexandra kian dikenal khalayak kala ditawari untuk mengikuti kualifikasi Formula BMW Scholarship pada 2004 di Spanyol.

Sementara pada 2005, Alexandra terus meraih prestasi demi prestasi di dunia balap. Ya, Alexandra berhasil membawa dirinya menjadi juara umum Formula Campus Asia yang dihelat di Beijing, China.

Hanya berselang dua tahun, perjalanan karier balap Alexandra pun semakin meningkat. Bahkan Alexandra berkesempatan untuk turun di ajang Formula Renualt Asia, yang mana menjadi pembalap wanita satu-satunya serta pertama dari Indonesia yang tampil di kejuaraan tersebut.

Alexandra Asmasoebrata

Kini Alexandra sendiri sudah memutuskan pensiun dari dunia balap. Ya, perempuan berusia 32 tahun tersebut kini memfokuskan dirinya untuk menjadi pengusaha di bidang kuliner.

Prestasi gemilang Alexandra di dunia balap sendiri memang tidak lepas didikan sang ayah. Bahkan Alexandra pun kerap terlihat membagikan momen bersama dengan Alex di media sosialnya. Namun kini sang legenda telah berpulang ke pangkuan Maha Kuasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini