Dorna Dukung Ambisi Valentino Rossi Miliki Tim di MotoGP

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 38 2330753 dorna-dukung-ambisi-valentino-rossi-miliki-tim-di-motogp-OH7Jtif7Jl.jpg Valentino Rossi bercanda dengan kamera (Foto: Twitter/@ValeYellow46)

MADRID – Keinginan Valentino Rossi memiliki tim balap sendiri pada Kejuaraan Dunia MotoGP, mendapat sambutan positif dari Dorna Sports. CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengatakan, sangat penting memiliki The Doctor di paddock MotoGP sekali pun dengan peran berbeda.

Seperti diketahui, ambisi untuk memiliki tim sendiri itu diungkap Valentino Rossi beberapa waktu lalu. Ia masih bekerja keras untuk mencari pabrikan mana yang siap digandeng guna mewujudkan ambisi tersebut secepatnya.

Sejauh ini, peluang terbesar jatuh pada Ducati. Sebab, adik tiri Valentino Rossi, Luca Marini, akan memperkuat Avintia Ducati pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Kebetulan, kontrak tim tersebut dengan Dorna Sports akan habis tahun depan.

Baca juga: CEO Dorna Sesalkan Keputusan Dovizioso Vakum di MotoGP 2021

Valentino Rossi melakukan wheelie (Foto: Yamaha MotoGP)

Pabrikan mana pun yang digandeng, keinginan Valentino Rossi memiliki tim sendiri mendapat respons positif dari Carmelo Ezpeleta. Menurutnya, amat penting melihat sang legenda hidup MotoGP tetap berada di paddock pada masa depan.

“Saya tidak tahu seperti apa masa depan. Saya tahu pada 2021 Avintia Racing akan disponsori oleh VR46 dan juga diperkuat pembalap didikan mereka lainnya (Enea Bastianini),” ungkap Carmelo Ezpeleta, dilansir dari Motori Online, Sabtu (19/12/2020).

“Apa yang terjadi nanti, akan ditentukan pada awal musim 2021. Sangat penting untuk terus melihat Valentino Rossi di paddock, apa pun perannya nanti,” imbuh pria asal Spanyol itu.

Infografis Valentino Rossi

Pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, Valentino Rossi masih akan berpartisipasi sebagai pembalap. Pria berusia 41 tahun itu akan memperkuat Petronas Yamaha SRT dengan kontrak selama setahun. Setelah itu belum diketahui lagi apa yang akan dilakukan Rossifumi.

Kebetulan pula, kontrak Petronas SRT dengan Yamaha akan habis pada penghujung 2021. Tentu, tempat tim asal Malaysia tersebut bisa digantikan oleh VR46. Apalagi, Yamaha sudah berjanji untuk mendukung penuh apa pun keputusan yang diambil Valentino Rossi kelak.

Luca Marini diperkenalkan Avintia

Peluang berikutnya jelas Ducati karena VR46 perlahan mengambil alih Avintia Racing. Satu pabrikan lain adalah Suzuki. Namun, pabrikan asal Jepang itu masih menyimpan rapat-rapat rencana memiliki tim satelit pada 2022.

Terakhir, ada KTM yang sudah menyatakan siap menggandeng Valentino Rossi, sesuai penuturan Direktur Motorsport Pit Beirer. Namun, kerja sama itu baru bisa dijalin secepatnya pada 2023, bukan 2022 seperti keinginan sang pembalap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini