Si Cantik Maria Sharapova Ungkap Alasannya Pensiun dari Tenis

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 05:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 40 2328369 si-cantik-maria-sharapova-ungkap-alasannya-pensiun-dari-tenis-InU6k7qBfu.jpg Maria Sharapova sudah gantung raket (Foto: Reuters/Charles Platiau)

WAJAH cantik Maria Sharapova sempat ikut mengangkat pamor tenis di kalangan pecinta olahraga. Betapa tidak, perempuan asal Rusia itu pernah digadang-gadang sebagai ratu tenis sejak pertama kali merebut gelar juara pada turnamen Grand Slam Wimbledon 2004. Sayangnya, ia memutuskan pensiun dini.

Kala itu, Maria Sharapova berhasil menjadi juara turnamen tenis pada usia 17 tahun! Bukan main-main, pada partai final, perempuan bertinggi badan 180 sentimeter (cm) tersebut menaklukkan Serena Williams yang jauh lebih berpengalaman.

Namanya kian terangkat setelah mampu menyapu bersih empat turnamen Grand Slam. Catatan itu dicapai pada 2012 ketika memenangan Prancis Open. Koleksinya lengkap setelah menjuarai Wimbledon (2004), Amerika Serikat Open (2006), dan Australia Open (2008).

Baca juga: Kekaguman Djokovic dengan Sosok Maria Sharapova

Maria Sharapova sekali juara AS Open

Sayangnya, setelah memenangi Prancis Open pada 2014, nama Maria Sharapova perlahan meredup. Kasus doping yang menjeratnya pada 2016 yang diiringi hukuman larangan bertanding, melunturkan cintanya pada dunia tenis.

Meski sempat tampil pada kejuaraan-kejuaraan di level bawah hingga 2019, Maria Sharapova akhirnya memutuskan gantung raket pada 2020. Belum lama ini, perempuan kelahiran Nyagan itu mengungkap alasannya pensiun.

“Saya sadar bahwa saya hanya show off saja, tetapi bukan sebagai petenis. Sekarang, saya sudah mulai kehilangan gairah terhadap kompetisi,” ujar Maria Sharapova, dikutip dari Tennis World USA, Rabu (16/12/2020).

Setelah pensiun dari tenis, Maria Sharapova kini fokus pada bidang lain. Saat dihukum larangan bertanding karena doping, ia pernah meluncurkan permen yang diberi merk Sugarpova. Selain itu, Maria Sharapova mulai merambah ke bisnis fashion.

“Sulit memang untuk mengatur jadwal bertanding, tetapi saya dan tim mulai sadar memang butuh melangkah maju. Saya bisa menjalani pekerjaan baru dengan lebih baik,” imbuh Maria Sharapova.

Maria Sharapova bergelimang prestasi

Hingga pensiun, sejumlah prestasi dicatatkan Maria Sharapova. Salah satunya adalah sempat menduduki ranking 1 WTA selama enam pekan sejak 12 September 2005. Ia menjadi satu dari 10 petenis yang pernah meraih semua gelar juara Grand Slam.

Jika ditotal, Maria Sharapova pernah menjuarai 36 turnamen tenis. Ditambah lagi, ia pernah meraih medali perak pada ajang Olimpiade London 2012. Berbagai prestasi itu membuatnya menjadi petenis perempuan ketiga dengan hadiah uang tertinggi setelah Williams bersaudari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini