Indonesia Gantikan Ceko di MotoGP 2021? Ini Jawaban MGPA

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 38 2320556 indonesia-gantikan-ceko-di-motogp-2021-ini-jawaban-mgpa-AGrGNnodRg.jpg Para Pembalap MotoGP (Foto: Laman resmi MotoGP)

JAKARTA – Chief Strategic and Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto, belum bisa berbicara banyak tentang status Sirkuit Mandalika di kalender MotoGP 2021. Hal ini, ia ungkapkan termasuk apakah Indonesia akan menggantikan posisi Republik Ceko di MotoGP musim depan.

Seperti diketahui, Dorna Sports telah mengumumkan jadwal sementara MotoGP 2021. Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP pun telah menetapkan 20 seri yang akan dilangsungkan pada musim depan.

Sirkuit Mandalika

Akan tetapi, Dorna baru bisa menetapkan 19 seri balapan, di mana satu lagi yakni Sirkuit Brno di Republik Ceko belum mendapat kejelasan. Sementara itu, Dorna juga memasukkan tiga negara yang masuk dalam daftar cadangan untuk menggelar MotoGP 2021.

Indonesia yang digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pun masuk dalam daftar cadangan. Namun, Indonesia juga tidak sendiri, karena ada Rusia dan Portugal. Namun begitu, MGPA juga memiliki rasa optimis bahwa Indonesia masih akan tetap menggelar MotoGP pada musim 2021.

Baca juga Dorna Sports Apresiasi Upaya Keras Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP 

Hanya saja, bagaimana hal itu terjadi, Happy tak ingin berkomentar banyak. Sebab, pihaknya juga kini masih menunggu konfirmasi dari Dorna Sports untuk merilis jadwal resmi. Pasalnya jadwal yang ada saat ini masih bersifat sementara dan belum final.

“Kita belum tahu, kita tidak ada yang tahu ke depannya pada 2021 yang terjadi seperti apa. Karena ini masih provisional calendar, kalender sementara,” ungkap Happy saat dihubungi Okezone.

“Ya, Alhamdulillah kita sudah masuk di listing-nya Dorna. Tetapi, kami semua masih menunggu,” lanjutnya.

Meski begitu, Happy juga tidak menyangkal bahwa pihaknya sedang berkonsentrasi penuh pada pembangunan Sirkuit Mandalika yang masih dalam pekerjaan. Sebab, terkadang istilah cadangan tempat digunakan untuk trek yang masih dalam tahap pembangunan.

Sirkuit Mandalika

“Kami ini sekarang sedang konsentrasi penuh terhadap pembangunannya, termasuk infrastruktur yang ada di dalam sirkuit yang diminta oleh Dorna dan FIM,” sambungnya.

Karena itu, menyelesaikan pekerjaan pembangunan Sirkuit Mandalika akan menjadi prioritas terlebih dahulu. Setelah selesai dibangun, trek pun akan menjalani homologasi dan pengujian untuk memastikan kondisi sirkuit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini