Keluh Kesah Valentino Rossi Ditinggal Dovizioso dan Crutchlow

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 38 2319232 keluh-kesah-valentino-rossi-ditinggal-dovizioso-dan-crutchlow-t3xtGBgMGN.jpg Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso (Foto: Laman resmi MotoGP)

TAVULLIA – Pembalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, mengungkapkan keluh kesahnya saat Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow akan absen pada musim depan. Sebab, keduanya bisa dibilang menjadi pembalap sebaya untuk Valentino Rossi yakni sama-sama veteran.

Pada musim depan, Valentino Rossi akan kembali menjadi pembalap tertua di MotoGP 2021 seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, kali ini, jarak usia VR46 dengan para pembalap lainnya akan terasa sangat jauh. Jika sebelumnya hanya berjarak enam tahun, maka tahun depan bisa menjadi 10 tahun.

Valentino Rossi

Pembalap Aprilia yakni Aleix Espargaro akan menjadi pembalap tertua kedua setelah Valentino Rossi yang berusia 31 tahun. Padahal sebelumnya, usia terdekat adalah 35 tahun (Crutchlow) dan 34 tahun (Dovizioso).

“Sayangnya dua orang orang tua (pembalap senior) meninggalkan saya. Sekarang perbedaannya jauh lebih besar,” ungkap Valentino Rossi, mengutip dari Speedweek, Selasa (1/12/2020).

Baca juga Vakum dari MotoGP, Dovizioso Bisa Ikuti Jejak Rossi Bangun Akademi 

“Ada perubahan generasi yang kuat pada tahun-tahun ini, banyak pembalap yang telah maju (naik kelas ke MotoGP),” tambahnya.

Namun begitu, Valentino Rossi juga menyadari bahwa generasi Dovizioso sebenarnya adalah angkatan para pembalap muda. Karena itu, ketika Dovizioso sendiri sudah memutuskan untuk istirahat sejenak, ia mencoba untuk menerima kenyataan bahwa ia masih berstatus sebagai pembalap.

Valentino Rossi

“Ya, saya lebih tua dari Dovizioso, Dani Pedrosa atau Jorge Lorenzo, misalnya. Tetapi, mereka adalah generasi muda sebenarnya,” lanjutnya.

“Tetapi, saya percaya bahwa setiap orang memiliki kisah, motivasi, dan semangat mereka sendiri. Usia hanyalah salah satu faktor, tetapi bukan satu-satunya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan,” sambungnya.

Valentino Rossi

Pada akhir musim ini, Crutchlow memang telah mengakhiri kariernya sebagai pembalap. Pada musim depan, ia akan fokus menjalankan tugasnya sebagai test rider setelah mendapat kontrak resmi dari Yamaha.

Sedangkan, Dovizioso memutuskan cuti panjang setelah musim ini memutuskan berpisah dengan Ducati. Pembalap Italia itu akan istirahat sejenak dan berjanji akan kembali mentas di MotoGP pada musim 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini