Valentino Rossi Sebut Pencapaian Joan Mir di MotoGP 2020 Jarang Terjadi

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 16 November 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 38 2310510 valentino-rossi-sebut-pencapaian-joan-mir-di-motogp-2020-jarang-terjadi-XpfyHjcSLs.jpg Joan Mir dan Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

VALENCIA – Pembalap gaek Yamaha, Valentino Rossi, turut memberi komentar soal pencapaian manis Joan Mir menjadi juara MotoGP 2020. Menurut Rossi, pencapaian Mir saat ini merupakan sesuatu yang jarang terjadi.

Menurut Rossi, tak banyak pembalap yang bisa seperti Mir dengan menjadi juara dunia saat baru memasuki tahun keduanya mentas di MotoGP. Sebab, perlombaan di ajang MotoGP berjalan sangat sulit.

Joan Mir

Bahkan, sejumlah pembalap top belum juga bisa merebut gelar juara setelah belasan tahun mentas di ajang tersebut. Salah satunya terlihat dari sosok Andrea Dovizioso. Pencapaian terbaiknya hanyalah menjadi runner-up.

BACA JUGA: Kisah Joan Mir, dari Tak Punya Modal Bayar Tim hingga Juara MotoGP 2020

Karena itu, Rossi begitu terkesan melihat Mir bisa langsung menyabet gelar juara di tahun keduanya menjalani balapan di MotoGP. The Doctor –julukan Rossi– pun telah menyampaikan selamat langsung kepada Mir usai berhasil merebut gelar tersebut.

Joan Mir

Bagi Rossi, Mir sangatlah pantas menyabet gelar juara MotoGP 2020. Sebab, ia dan juga timnya, yakni Suzuki, sudah melakukan pekerjaan yang begitu luar biasa di sepanjang musim ini.

“Saya sudah mengucapkan selamat kepadanya (Joan Mir) karena pertama-tama, menang di MotoGP pada tahun kedua bukanlah sesuatu yang mudah untuk semua orang. Hanya sedikit yang berhasil,” ujar Rossi, sebagaimana dikutip dari GP One, Senin (16/11/2020).

“Dia masih sangat muda, tetapi dia tidak membuat kesalahan, dia selalu membuat keputusan yang tepat di saat-saat penting dan dia cepat,” lanjutnya.

“Saya pikir dia pantas mendapatkan gelar juara ini bersama dengan Suzuki. Mereka melakukan pekerjaan luar biasa dan motor mereka bekerja dengan sangat baik,” tutur Rossi.

Mir memastikan diri menyegel gelar juara MotoGP 2020 usai balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada Minggu 15 November 2020 malam WIB. Dalam balapan seri ke-13 MotoGP 2020 itu, Mir diketahui menyelesaikan balapan di urutan ketujuh.

Sebanyak sembilan poin tambahan dari balapan itu sudah cukup bagi Mir untuk menyegel gelar juara. Ia pun kini unggul 29 poin atas Franco Morbidelli yang mengekor di tempat kedua usai MotoGP Valencia 2020. Dengan hanya tinggal tersisanya satu balapan lagi di musim ini, koleksi poin Mir dipastikan sudah tak bisa lagi terkejar oleh seluruh rivalnya di MotoGP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini