Jadwal MotoGP Valencia Hari Ini, Joan Mir Berpotensi Segel Gelar Juara

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 38 2309852 jadwal-motogp-valencia-hari-ini-joan-mir-berpotensi-segel-gelar-juara-VBFtvEieXZ.jpg MotoGP Eropa 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia (Foto: MotoGP)

VALENCIA – Seri ke-13 Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 siap digelar pada Minggu (15/11/2020) pukul 20.00 WIB di Sirkuit Ricardo Tormo. Balapan kali ini berpotensi menghadirkan juara dunia baru dalam diri Joan Mir dari Tim Suzuki Ecstar.

Ya, sampai dengan seri ke-12 pekan lalu, posisi puncak klasemen berhasil dikuasai Joan Mir. Pembalap asal Spanyol itu bahkan mengakhiri penantian akan kemenangan perdana di kelas premier. Ia mampu finis lebih di depan Alex Rins dan juga Pol Espargaro di Sirkuit Ricardo Tormo pekan lalu.

Kini, gelar juara sudah ada di depan mata Joan Mir. Masalahnya, jalannya Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 penuh ketidakpastian. Bukan tidak mungkin, ketidakpastian itu akan menambah keseruan balapan Minggu (15/11/2020) malam.

Baca juga: Gelar Juara di Depan Mata, Joan Mir Tak Mau Gegabah

Joan Mir di ambang gelar juara (Foto: MotoGP)

Apalagi, Joan Mir harus memulai lomba dari posisi 12. Ia akan start di samping pesaing terberatnya di papan klasemen, Fabio Quartararo. Patut dinanti, siapa dari kedua pembalap ini yang mampu membuat start bagus demi meraup poin sebanyak-banyaknya.

Bagi El Diablo, balapan kali ini merupakan kesempatan terbaik untuk setidaknya menunda pesta gelar juara Joan Mir. Fabio Quartararo wajib menemukan kembali ritme balapnya demi memperkecil selisih yang saat ini mencapai 37 angka.

Melihat susunan grid saat start, peluang munculnya pemenang ke-10 yang berbeda cukup terbuka lebar. Franco Morbidelli sebagai pole sitter memang sudah dua kali menang. Akan tetapi, dua pembalap lain di baris terdepan, Jack Miller dan Takaaki Nakagami, punya potensi bagus untuk meraih kemenangan.

Infografis MotoGP Valencia 2020

Di baris kedua, ada dua nama yang belum pernah merasakan kemenangan, yakni Johann Zarco (start keempat) dan Pol Espargaro (start kelima). Dua baris terdepan itu punya kans paling bagus untuk menang, tetapi juga tidak menutup kemungkinan pembalap lain yang juara seri.

Secara tradisional, balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, menjadi penutup musim kejuaraan dunia. Akan tetapi, kehormatan itu pada MotoGP 2020 menjadi milik Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, Portugal, pada 22 November mendatang.

Hal itu tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Dorna Sports selaku promotor MotoGP akhirnya merancang kalender balap baru yang terdiri dari 14 seri. Sebanyak empat sirkuit mendapat kehormatan untuk menggelar dua balapan beruntun.

Keempat sirkuit tersebut adalah Jerez di Spanyol, Red Bull Ring di Austria, Misano World Marco Simoncelli di Italia, dan Valencia. Balapan kali ini pantang dilewatkan oleh pecinta MotoGP karena berpotensi menghadirkan keseruan yang berbeda. Ingat, start dilakukan tepat pukul 20.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini