Jadi Kejutan dan Ciptakan Rekor, Iga Swiatek Juara Prancis Open 2020

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 10 40 2291665 jadi-kejutan-dan-ciptakan-rekor-iga-swiatek-juara-prancis-open-2020-KAybyySrVC.jpg Petenis Polandia, Iga Swiatek (Foto: Twitter Roland Garros)

PARIS – Petenis Polandia, Iga Swiatek, tampil sebagai juara dalam turnamen Prancis Open 2020 sektor tunggal putri. Menghadapi wakil Amerika Serikat, Sofia Kenin, Swiatek menang dua set langsung dengan skor 6-4 dan 6-1.

Kemenangan Swiatek ini sejatinya adalah sebuah kejutan. Sebab, Swiatek merupakan petenis non-unggulan dalam turnamen kali ini. Sementara itu, lawan yang ia hadapi di final, Sofia Kenin, merupakan petenis unggulan keempat.

Sebenarnya bukan di partai final ini saja Swiatek membuat kejutan. Sepanjang perjalanannya meraih gelar juara, petenis 19 tahun tersebut telah berulang kali membuat publik tercengang.

Baca juga: Jadwal Final Tunggal Putra Prancis Open 2020: Novak Djokovic vs Rafael Nadal

Pada babak 16 besar, Swiatek secara luar biasa mengalahkan petenis unggulan pertama, Simona Halep. Peraih dua gelar juara grand slam itu dikalahkan Swiatek dua set langsung dengan skor 6-1 dan 6-2.

Lebih luar biasa lagi, sejak pertandingan babak pertama hingga partai final, Swiatek selalu mengalahkan lawan-lawannya dua set langsung dan tanpa tie break. Jadi bisa dibilang, di sepanjang turnamen Prancis Open 2020, Swiatek belum pernah merasakan kekalahan satu set pun.

Berkat penampilan impresifnya ini, Swiatek mencatatkan rekor sebagai petenis perempuan pertama yang merai gelar juara Prancis Open tanpa mendera satu set pun kekalahan. Terakhir kali ada petenis perempuan yang melakukan hal serupa adalah Justine Henin pada 2007.

Keberhasilan menjuarai Prancis Open 2020 ini membuat peringkat Swiatek pun melesat jauh, dari posisi ke-54 menjadi 17. Mengingat usianya yang masih sangat muda, diprediksi Swiatek akan menjadi petenis yang sangat diperhitungkan ke depannya.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini