Valentino Rossi Keluhkan Kondisi Aspal Baru di Sirkuit Misano

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 21:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 38 2276491 valentino-rossi-keluhkan-kondisi-aspal-baru-di-sirkuit-misano-2IBpOQdzdA.jpg Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (Foto: Twitter/ValeYellow46)

MISANO – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengeluhkan kondisi Sirkuit Misano, Italia, jelang balapan MotoGP San Marino 2020. Rossi tepatnya mengeluh karena aspal yang baru di lintasan tersebut membuat banyak hal baru juga yang harus diadaptasi lagi.

Salah satu yang harus diatur ulang tentunya adalah cengkraman ban terhadap aspal baru Sirkuit Misano tersebut. Sebab dengan kondisi aspal yang baru, maka daya cengkraman ban pun akan lebih menggigit.

Hal itu jelas membuat hasil balapan pada musim lalu tak berguna sama sekali. Rossi harus kembali mempelajari kondisi Sirkuit Misano yang baru saja diperbarui tersebut. Rossi benar-benar merasa Sirkuit Misano benar-benar berbeda.

Baca Juga: Valentino Rossi Tertarik Undang Dovizioso ke Yamaha untuk MotoGP 2021

Valentino Rossi

Kendati mendapatkan begitu banyak cobaan saat melakoni sesi latihan bebas hari pertama MotoGP San Marino 2020 tersebut, namun Rossi tetap puas dengan hasil performanya. Ia yakin hasil positif tetap bisa diraihnya saat balapan sesungguhnya nanti, Minggu 13 September 2020.

“Kondisinya sangat berbeda, karena dengan aspal baru trek memberikan daya cengkraman yang lebih. Jadi, karena itu kami harus bekerja dengan cara yang berbeda dari yang kami lakukan tahun lalu. Ini juga sulit untuk ban, tetapi kesan pertama tidak terlalu buruk,” kata Rossi, dikutip dari Crash, Jumat (11/9/2020).

Yamaha memang mengalami kesulitan untuk bisa beradaptasi dengan aspal baru di Sirkuit Misano. Rossi pun sangat menyayangkan keputusan Yamaha yang tak mengirim Jorge Lorenzo selaku pembalap pengembang tersebut sewaktu tes di Sirkuit Misano pada Juni 2020 kemarin.

Padahal beberapa tim lain mengirimkan pembalap pengembang merkea untuk melakukan tes di Sirkuit Misano yang baru saja dilapisi oleh aspal yang baru. Gara-gara keputusan Yamaha itu, kini Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli harus memulai memahami kondisi Sirkuit Misano dari awal.

“Saya bahagia ketika Jorge menjadi pembalap tes karena dia adalah salah satu yang terbaik. Menurut saya, dia akan banyak membantu kami, seperti yang dilakukan (Dani) Pedrosa di KTM. Yamaha seharusnya percaya pada program tes,” lanjut Rossi.

Valentino Rossi

“Sejujurnya, saya sungguh tidak mengerti. Terkadang hal-hal yang terjadi di Yamaha sulit untuk mewujudkan. Jadi, Anda harus bertanya pada mereka (mengenai kenapa Lorenzo tak dikirim melakukan tes di Misano pada Juni kemarin),” tambahnya.

“Tentu saja, kami akan memulai segalanya dari nol dengan aspal baru di sirkuit ini, dibandingkan KTM dan Ducati yang sudah melakukan tes. Ini akan lebih sulit,” pungkas pembalap asal Italia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini