Menangi MotoGP Republik Ceko 2020, Brad Binder: Mimpi Jadi Kenyataan

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 38 2259504 menangi-motogp-republik-ceko-2020-brad-binder-mimpi-jadi-kenyataan-tBeCtWALwb.jpg Brad Binder (Foto: MotoGP)

BRNO – MotoGP Republik Ceko 2020 tidak akan pernah dilupakan oleh pembalap KTM Red Bull, Brad Binder. Bagaimana tidak, ia menjadi pembalap tercepat pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu 9 Agustus 2020 itu.

Binder sangat gembira karena kemenangan itu spesial untuknya dan juga KTM. Binder yang merupakan rookie meraih kemenangan pertamanya di MotoGP pada balapan tersebut. Selain itu, ia juga menjadi pembalap asal Afrika Selatan pertama yang meraih kemenangan di MotoGP.

Brad Binder (Foto: MotoGP)

Binder pun adalah pembalap pertama yang memberikan kemenangan bagi KTM di MotoGP. Sejak KTM tampil di balapan kelas primer pada musim 2017, pencapaian terbaiknya adalah podium ketiga yang diraih rekan setim Binder, Pol Espargaro di MotoGP Valencia 2018.

Sangat banyak sejarah yang Binder catatkan di Sirkuit Brno. Hal itu membuatnya tidak bisa berkata-kata saat ditanyai wartawan setelah balapan. Menurut Binder, Minggu 9 Agustus 2020 adalah hari terbaik sepanjang hidupnya. Binder menyatakan dirinya sudah memimpikan ini sejak masih kecil.

BACA JUGA: Sejarah, Brad Binder Jadi Pembalap Afrika Selatan Pertama yang Menang di MotoGP

“Sejujurunya, saya tidak bisa berkata-kata. Ini adalah hari terbaik sepanjang hidup saya. Saya sudah memimpikan ini sejak kecil, sekarang menjadi kenyataanya,” kata Binder, menyadur dari laman resmi MotoGP, Senin (10/8/2020).

Binder berjuang keras untuk meraih kemenangan di Sirkuit Brno. Binder yang memulai balapan dari posisi ketujuh barada di kelompok pembalap terdepan sesaat setelah start.

Binder tidak langung menempati posisi pertama. Ada dua pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo yang menguasai dua posisi terdepan. Morbidelli di posisi pertama sedangkan Quartararo membuntutinya.

Seiring bertambahnya lap, Binder mampu menyalip beberapa pembalap di depannya. Pembalap berpaspor berumur 24 tahun itu mampu akhirnya berada di belakang Morbidelli. Binder berusaha keras menyalip Morbidelli tetapi tidak mudah untuk melakukannya.

Binder dengan sabar terus mengekor Morbidelli. Kesempatan untuk Binder menyalip akhirnya datang pada lap ke-13. Kecepatan Morbidelli perlahan-lahan menurun saat ban YZR-M1 mulai kehilangan cengkeramannya.

Binder memaksimalkan kesempatan itu dengan untuk menyalip Morbidelli sehingga bisa memimpin balapan. Hingga akhir balapan, posisi pertama tetap menjadi milik pembalap berumur 24 tahun tersebut. Posisi kedua menjadi milik Morbidelli. Pembalap Reale Avintia, Johann Zarco yang memulai balapan dari posisi pertama finis di belakang Morbidelli.

Tambahan 25 poin dari MotoGP Republik Ceko 2020 mendongkrak posisi Binder pada klasemen sementara. Pembalap KTM itu menempati posisi kelima dengan koleksi 28 poin. Binder tertinggal 31 poin dari pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo yang ada di posisi pertama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini