Rafael Nadal Konfirmasi Takkan Tampil di AS Terbuka 2020

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 04:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 40 2257677 rafael-nadal-konfirmasi-takkan-tampil-di-as-terbuka-2020-h9Vxmfh9fz.jpg Rafael Nadal (Foto: Twitter @RafaelNadal)

MADRID – Salah satu petenis putra papan atas dunia, Rafael Nadal, memberikan jawaban soal keikutsetaannya di turnamen Grand Slam Amerika Serikat (AS) Terbuka 2020. Nadal memastikan bahwa dirinya bakal absen dari turnamen tersebut.

Beberapa waktu lalu, Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA) sudah mengonfirmasi kejuaraan Grand Slam AS Terbuka 2020 bakal digelar seusai jadwal, 31 Agustus sampai 13 September. Demi menjaga keamanan para petenis, pihak panitia sendiri siap menggelar AS Terbuka 2020 tanpa dihadiri penonton dan menerapkan protokol yang ketat.

Meski begitu, keputusan diselengarakannya AS Terbuka 2020 pun tetap mendapatkan komentar negatif dari sejumlah petenis papan atas. Sejauh ini ada Novak Djokovic, Nick Kyrgios, hingga Simona Halep yang melayangkan kritikan terhadap tetap dilangsungkannya AS Terbuka 2020.

Rafael Nadal

Bahkan sejauh ini sudah ada dua petenis papan atas yang memastikan diri batal tampil di AS Terbuka 2020. Kedua nama tersebut adalah Kyrgios dan Ashleigh Barty yang sudah mengonfirmasi tidak bakal ambil bagian di AS Terbuka 2020.

Baca Juga: Alexander Zverev Akui Masih Ragu untuk Tampil di AS Terbuka 2020

Nadal yang juga sempat mengutarakan keberatannya akan tetap dilangsungkannya AS Terbuka 2020 sesuai jadwal pun akhirnya memastikan diri takkan berpartisipasi di turnamen tersebut. Ya, Nadal menilai pandemi virus Corona (Covid-19) jadi alasan utama dia takkan tampil di AS Terbuka 2020.

“Setelah banyak pertimbangan saya memutuskan tidak akan bermain pada turnamen AS Terbuka pada tahun ini,” ucap Nadal, seperti dilaporkan oleh Eurosport, Kamis (6/8/2020).

“Situasinya masih sangat rumit sekali, kasus Covid-19 terus bertambah, tidak hanya di AS tapi juga di seantero Dunia. Saya merasa bahwa sepertinya kita masih belum bisa mengendalikan permasalahan ini,” sambungnya.

“Ini merupakan keputusan yang tidak pernah saya inginkan. Akan tetapi untuk kali ini saya memutuskan dengan mengikuti apa yang diutarakan oleh kata hati saya, dan untuk saat ini saya lebih baik tidak bepergian,” imbuh petenis asal Spanyol tersebut.

Baca Juga: Nick Kyrgios Pastikan Batal Tampil di AS Terbuka 2020

Meski begitu, turnamen AS Terbuka 2020 nampaknya bakal tetap berlangsung meriah. Terlebih selain Nadal dan Roger Federer yang absen, sejumlah petenis papan atas dunia seperti Novak Djokovic, Dominic Thiem, dan Stefanos Tsitsipas kabarnya bakal tetap tampil di AS Terbuka 2020.

Selain para petenis putra, beberapa nama beken dari nomor putri juga kabarnya bakal tetap berpartisipasi AS Terbuka 2020. Sejumlah nama yang kabarnya dipastikan akan tampil pada turnamen tersebut ialah Serena Williams, Bianca Andreescu, dan Naomi Osaka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini