Petronas SRT Beruntung Rekrut Quartararo pada Musim Lalu

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 23:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 38 2254160 petronas-srt-beruntung-rekrut-quartararo-pada-musim-lalu-iWxM7ldl7U.jpg Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

JEREZ – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, masih belum terbendung di MotoGP 2020. El Diablo –julukan Quartararo– meraih kemenangan keduanya pada musim ini di MotoGP Andalusia 2020.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu 26 Juli 2020 itu, Quartararo mengasapi dua pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Vinales menempati posisi kedua sedangkan Rossi berada di belakangnya.

Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

Manajer Tim Petronas SRT, Razlan Razali, tidak pernah membayangkan Quartararo akan tampil sebagus itu. Sebab, Razali tidak terlalu yakin sewaktu merekrut Quartararo pada musim lalu.

Quartararo direkrut Petronas SRT karena Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa sudah tidak tersedia di bursa transfer. Lorenzo bergabung ke Honda untuk mengisi posisi kosong setelah Pedrosa pensiun pada akhir musim 2017.

BACA JUGA: Lin Jarvis Lihat Masa Depan Cerah Yamaha

"Kedatangan Quartararo adalah kebetulan murni, dengan Lorenzo dan Pedrosa tidak lagi tersedia pada 2018 kami melihat-lihat tanpa alternatif nyata. Akan tetapi, Johan stigefelt (Direktur Tim Petronas SRT) mengarahkan jari kepadanya di Sirkuit Assen,” kata Razali, menyadur dari Tutto Motori Web, Rabu (29/7/2020).

Quartararo menjadi fenomena ketika debut pada musim lalu. Meski memulai musim lalu dengan buruk, tetapi Quartararo memberi kesan baik kepada Razali. Razali berpikir Quartararo memiliki keunikan.

“Quartararo siapa? Apakah orang Italia, orang Spanyol?’ Saya bertanya. Ketika saya mengiyakan (usulan Stigefelt), saya masih ragu. Tetapi setelah melihatnya tampil di Qatar dan Jerez (MotOGP 2019), saya langsung berpikir dia memiliki sesuatu yang unik,” tuturnya.

Pembalap berpaspor Prancis itu kemudian menunjukkan tajinya, dengan meraih tujuh podium sepanjang musim lalu. Kekurangan El Diablo adalah tidak ada satu pun balapan yang mampu dimenangkannya. Meski begitu, Quartararo mampu mengakhiri musim lalu di posisi kelima.

Quartararo meneruskan performa impresifnya pada musim ini. Pembalap berpaspor Prancis itu sudah memenangi dua balapan perdana MotoGP 2020. Quartararo kini mengincar kemenangan ketiganya pada balapan seri ketiga musim ini, MotoGP Republik Ceko 2020.

Balapan itu akan berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu 9 Agustus 2020. Pesaing Quartararo untuk memperebutkan podium di Sirkuit Brno adalah Vinales, Rossi, dan Marc Marquez (Repsol Honda) jika sudah pulih dari cedera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini