Debu Jadi Alasan Hamilton Gagal Raih Pole Position di F1 GP Austria 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 37 2241428 debu-jadi-alasan-hamilton-gagal-raih-pole-position-di-f1-gp-austria-2020-x3pR6Xkmxs.jpg Pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton. (Foto: Twitter Mercedes AMG)

SPIELBERG – Pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton gagal meraih pole position saat tampil di sesi kualifikasi Formula One (F1) Grand Prix (GP) Austria 2020 yang berlangsung pada Sabtu 4 Juli 2020. Karena gagal menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi itu, alhasil Hamilton harus rela mengawali balapan pada Minggu (5/7/202) malam WIB nanti dari urutan kedua.

Hamilton sebenarnya hanya berbeda sepersekian detik dari rekan setimnya, Valtteri Bottas yang berhasil merebut pole position di Sirkuit Red Bull Ring tersebut. Bottas tercatat mampu membukukan waktu 1 menit 2,939 detik, sedangkan Hamilton menorehkan waktu 1 menit 2,951 detik.

Hamilton pun sesumbar sebenarnya ia bisa saja mengalahkan waktu yang ditorehkan Bottas tersebut jika ia tidak mengalami kendala di lap terakhir saat menjalani kualifikasi ketiga. Di mana pembalap asal Inggris itu mengaku ada kepulan debu di area tikungan keempat sehingga membuat pandangan sedikit tidak jelas.

Baca Juga: Mercedes Kuasai Posisi Start Terdepan, Hamilton: Kami Tim yang Selalu Berkembang

Lewis Hamilton

Karena debu dan pandangan yang tak jelas itu, Hamilton mengaku hampir saja keluar dari jalur. Beruntung, hambatan tersebut tak berpengaruh besar dalam catatan waktunya dan tak membuat Bottas terganggu karena ia melihat rekan setimnya itu sedang memasuki lintasan lagi. Intinya, Hamilton tak terlalu kecewa meski sebenarnya bisa merebut pole dari Bottas.

“Apa yang dilakukan Valtter hari ini (saat kualifikasi) adalah pekerjaan yang hebat. Kami memulai awal musim yang sangat baik untuk tim ini. Namun, ketika di lap terakhir saya saat di kualifikasi ketiga, terdapat kepulan debu besar saat saya keluar dari tikungan keempat. Pada saat itu awalnya saya tidak tahu di mana posisi mobil dan saya hampir keluar jalur,” ungkap Hamilton, seperti disadur dari laman resmi Mercedes, Minggu (5/7/2020).

“Akan tetapi, kemudian saya berhasil melihat bahwa Valtteri baru saja akan kembali ke lintasan dan untungnya itu tidak benar-benar memengaruhi waktu lap saya. Pada akhirnya pun dia (Bottas) mempertahankan posisinya dan begitu juga saya,” tambah Hamilton.

Selain Bottas dan Hamilton, satu pembalap yang mengisi barisan depan adalah Max Verstappen (Red Bull Racing). Sementara itu, dua pembalap Ferrari justru mengalami hasil yang cukup buruk karena Charles Leclerc hanya bisa berada di urutan ketujuh dan Vettel menempati posisi ke-11 saat awal balapan nanti malam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini