Demi Jegal Lorenzo, Honda Diduga Dorong Penghapusan Wildcard

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 20 Mei 2020 04:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 38 2216755 demi-jegal-lorenzo-honda-diduga-dorong-penghapusan-wildcard-2jFO51bUww.jpg Honda sengaja ingin mencegah Jorge Lorenzo (Foto: Twitter/@lorenzo99)

BOLOGNA – Pembalap Tes Ducati Corse, Michele Pirro, menduga ada peran Honda di balik penghapusan wildcard pada MotoGP 2020. Ia curiga hal itu sengaja dilakukan demi mencegah Jorge Lorenzo mengaspal dengan motor Yamaha YZR M-1.

Komite Balap MotoGP pekan lalu mengumumkan penghapusan jatah wildcard bagi lima tim pabrikan. Mereka berdalih penghapusan dilakukan demi meminimalkan jumlah personel tim dalam sebuah seri. Hal itu sesuai dengan protokol yang sedang dirancang Dorna Sports.

Baca juga: Tanpa Penonton, Balapan MotoGP di Asia Akan Dibatalkan

Michele Pirro batal tampil pada MotoGP 2020 (Foto: MotoGP)

Penghapusan wildcard membawa konsekuensi buruk bagi Jorge Lorenzo. Por Fuera tidak akan bisa mengaspal dengan motor YZR M-1 pada MotoGP Catalunya 2020 jika balapan nantinya digelar. Padahal, pria berusia 33 tahun itu dijadwalkan menguji coba beberapa aspek dalam balapan.

Kondisi itu membuat Michele Pirro bingung. Pria berkebangsaan Italia itu menduga ada peran Honda di balik penghapusan wildcard. Pabrikan asal Jepang itu masih tidak rela melihat Jorge Lorenzo mengaspal dengan tim rival, tidak lama setelah memutuskan pensiun pada akhir musim 2019.

“Saya sungguh kecewa. Saya tidak tahu apakah ini cara untuk memaksa seseorang membayar sesuatu, tetapi ini tidak adil. Saya paham kalau keputusan ini diambil sebulan sebelum balapan. Akan tetapi, kita tidak tahu kapan kejuaraan akan dimulai dan berapa banyak jumlah balapan,” ucap Michele Pirro, dikutip dari Motorsport, Rabu (20/5/2020).

“Mungkin Honda ingin Lorenzo membayar konsekuensi pindah ke Yamaha, tetapi saya bukanlah Lorenzo yang sudah menghasilkan uang cukup banyak dan bisa tinggal di rumah saja. Saya masih bisa memberikan banyak hal untuk MotoGP,” tandas pria berusia 33 tahun tersebut. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini