Deretan Panjang Partner Tontowi Ahmad Selama Aktif di Pelatnas PBSI

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 40 2216231 deretan-panjang-partner-tontowi-ahmad-selama-aktif-di-pelatnas-pbsi-F6lknVWOZ8.jpg Tontowi Ahmad/Winnya Oktavina Kandow (Foto: PBSI)

JAKARTATontowi Ahmad telah memutuskan untuk gantung raket pada Senin 18 Mei 2020. Keputusan yang terbilang tidak mengejutkan tersebut memang sudah diprediksi oleh banyak kalangan setelah ia ditinggalkan Liliyana Natsir pada tahun lalu.

Sejak bergabung ke Pelatnas PBSI pada 2005, Tontowi telah memiliki deretan nama-nama yang pernah menjadi rekannya selama berkarier di dunia bulu tangkis. Bukan hanya di ganda campuran, tetapi juga ganda putra yang pernah digeluti pada era 2007-an.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Liliyana sendiri memang menjadi partner terlama Tontowi dan juga tersukses. Berpasangan sejak 2010, Tontowi/Liliyana telah menorehkan berbagai prestasi dengan diantaranya menjuarai Olimpiade 2016, dua kali Kejuaraan Dunia, dan tiga kali All England.

Baca juga Pelatih Ungkap 2 Faktor Penyebab Tontowi Ahmad Pensiun 

Sementara itu, ada nama-nama lain seperti Yulianti yang menjadi rekan pertama Tontowi di nomor ganda campuran pada 2006 hingga 2008. Ada pula Lingga Lie, Richi Puspita Dili hingga Greysia Polii sebelum berpasangan dengan Liliyana.

Selain itu, di saat Tontowi masih berpasangan dengan Liliyana, ia juga beberapa kali diuji coba dengan pemain lain. Sebut saja seperti Gloria Emanuelle Widjaja, Della Destiara Haris, dan Debby Susanto. Namun, prestasi Tontowi dengan para pemain tersebut tak terlalu mentereng.

Setelah Liliyana pensiun, pemain berusia 32 tahun itu mendapat rekan baru yang lebih muda yakni Winny Oktavina Kandow. Sayang, prestasinya juga tak membaik. Terakhir, sebelum Tontowi pensiun, ia dipasangkan dengan Apriyani Rahayu, tetapi hasilnya tak maksimal.

Sedangkan di ganda putra, Tontowi tercatat pernah berpasangan dengan tiga pebulu tangkis lainnya. Mereka adalah Indra Viki Okvana, Anggun Nugroho, dan Muhammad Rijal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini