nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelatih Ungkap 2 Faktor Penyebab Tontowi Ahmad Pensiun

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 04:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 19 40 2216182 pelatih-ungkap-2-faktor-penyebab-tontowi-ahmad-pensiun-4HsPI0F6RH.jpeg Tontowi Ahmad pensiun karena dua hal (Foto: Okezone/Bagas Abdiel)

JAKARTA – Pelatih Kepala Ganda Campuran PBSI, Richard Mainaky, mengaku diajak berbicara oleh Tontowi Ahmad sebelum memutuskan pensiun. Ia yakin, faktor usia menjadi faktor utama Owi memutuskan pensiun, bukan motivasi.

Seperti diberitakan, Tontowi Ahmad resmi mengundurkan diri sebagai pemain bulu tangkis. Surat pengunduran diri sudah diserahkan kepada PBSI karena masih berstatus sebagai atlet pelatihan nasional (pelatnas). Keputusan itu ternyata sudah diambil sejak lama, sekira Maret 2020.

Baca juga: Indonesia Masters 2020 Jadi Pertandingan Terakhir Tontowi Ahmad

Tontowi Ahmad berduet dadakan dengan Apriyani Rahayu (Foto: PBSI)

Richard Mainaky mengatakan, pemain berusia 32 tahun itu sempat datang ke rumahnya untuk membicarakan soal pensiun. Dalam kesempatan itu, Richard mengatakan bahwa keputusan untuk pensiun ada di tangan Tontowi Ahmad sendiri.

“Sebetulnya sudah jauh-jauh hari kami diskusi panjang lebar sama Owi. Saya bilang keputusan ada di tangan kamu, kalau sudah bulat keputusannya, segera ajukan ke PBSI. Waktu itu ke rumah saya, dia sempat ngobrol dengan mendalam mengenai rencananya ke depan,” tutur Richard Mainaky, sebagaimana dikutip dari situs resmi PBSI, Selasa (19/5/2020).

Lelaki berdarah Maluku itu menyebut ada dua faktor yang menyebabkan Tontowi bulat menyatakan pensiun. Salah satu pertimbangan diambil Owi setelah pasangannya, Liliyana Natsir, pensiun. Selain faktor usia, perbedaan gaya permainan dengan pasangan baru membuatnya gantung raket.

“Faktor usia memang tidak bisa dipungkiri. Kedua, Owi dari ‘atas’ turun ke ‘bawah’, ini jadi pergumulan buat dia dan saya rasa ini manusiawi. Tidak gampang, dari juara Olimpiade, lalu harus meng-cover pemain muda, latihan mulai lagi dari nol,” pungkas Richard Mainaky.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini