nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resmi Pensiun, Tontowi Ahmad Pernah Hattrick Juara All England

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 18 Mei 2020 10:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 18 40 2215708 resmi-pensiun-tontowi-ahmad-pernah-hattrick-juara-all-england-8McSfAhCbc.jpg Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Foto: PBSI)

JAKARTA – Salah satu pebulu tangkis kebanggaan Indonesia, Tontowi Ahmad, telah resmi mengakhiri karier panjangnya di dunia tepok bulu. Kabar pensiun ini diumumkan langsung oleh Tontowi lewat unggahan di akun Instagram pribadinya, @tontowiahmad_, pada Senin (18/5/2020) pagi WIB.

Selama menjalani karier di dunia bulu tangkis, karier yang gemilang berhasil diukir Tontowi. Ia bahkan dapat mempersembahkan medali emas kepada Indonesia dari ajang Olimpiade pada 2016. Medali itu didapat lewat aksi ciamiknya bersama Liliyana Natsir di nomor ganda campuran.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Selain medali emas Olimpiade, beragam gelar juara dari kompetisi bergengsi juga pernah diraih Tontowi. Bersama Liliyana, ia dapat merih hattrick gelar juara di ajang All England Super 1000. Tiga gelar juara beruntun itu diraih pada 2012-2014.

BACA JUGA: Tontowi Ahmad Resmi Pensiun, Ini Prestasinya di Dunia Bulu Tangkis

Pada 2012, pasangan Tontowi/Liliyana memastikan gelar juara setelah menumbangkan wakil Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl. Laju Owi/Butet –sapaan akrab Tontowi/Liliyana– untuk menempati podium pertama kala itu terbilang mulus. Mereka menang secara straight game dengan skor 21-17 dan 21-19.

Tren positif Tontowi/Liliyana di pentas All England pun berhasil dilanjutkan pada 2013. Berstatus unggulan kedua, mereka berhasil mempertahankan gelar juaranya setelah mengalahkan Zhang Nan/Zhao Yunlei (China) di babak final dengan skor 21-13 dan 21-17.

Tontowi/Liliyana pun memastikan hattrick gelar juara All England pada 2014. Pada tahun tersebut, pertandingan di babak final merupakan ulangan pada 2013. Sebab, Tontowi/Liliyana kembali dipertemukan dengan Zhang Nan/Zhao Yunlei dalam memperebutkan gelar juara. Laga pun berakhir dengan skor yang sama pada tahun sebelumnya, yakni 21-13 dan 21-17 untuk kemenangan Tontowi/Liliyana.

Tetapi kini, aksi apik pasangan Tontowi/Liliyana sudah tak bisa lagi terlihat. Sebelum Tontowi mengumumkan pensiun pada hari ini, Liliyana sudah lebih dahulu menggantung raket. Tepatnya, hal itu terjadi pada Januari 2019.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini