Taufik Hidayat, Pebulu Tangkis Tunggal Putra Terakhir Indonesia yang Raih Medali Emas Olimpiade

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 04:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 12 40 2212602 taufik-hidayat-pebulu-tangkis-tunggal-putra-terakhir-indonesia-yang-raih-medali-emas-olimpiade-o8AWWFNrT0.jpg Taufik Hidayat (Foto: AFP)

JAKARTA – Nama legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, kembali menghebohkan publik Tanah Air karena terlibat kasus suap mantan menteri pemuda dan olahraga yakni Imam Nahrawi. Bahkan baru-baru ia kembali membuat pernyataan kontroversial tentang keadaan di Kementerian Pemuda dan Olahraga serta PBSI.

Namun di luar itu semua, prestasi Taufik di dunia bulu tangkis memang tidak perlu diragukan kembali. Sejumlah prestasi yang diberikan Taufik untuk Indonesia telah membuatnya dikenang baik oleh seluruh masyarakat Tanah Air.

Taufik Hidayat

Salah satu hal yang masih diingat banyak orang adalah tentang keberhasilannya meraih medali emas di Olimpiade 2004 di Athena, Yunani pada nomor tunggal putra. Kemenangan tersebut terasa luar biasa karena sebelumnya Taufik tidak digadang-gadang untuk merebut medali emas.

Baca juga Sedikit Cerita Taufik Hidayat, soal Akhir Karier Bulu Tangkisnya

Sebagai pemain yang berstatus non-unggulan, Taufik memang menunjukkan performa luar biasa selama gelaran Olimpiade 2004. Pada partai pamungkas, ia pun secara perkasa menaklukkan wakil Korea Selatan, Shon Seung-Mo dengan skor 15-8 dan 15-7.

Kemenangan tersebut menjadi pelepas dahaga karena Taufik menjadi satu-satunya atlet yang meraih medali emas untuk Indonesia di Olimpiade 2004. Bahkan hingga saat ini masih belum ada satu pun pemain tunggal putra Indonesia yang mampu merebut medali emas Olimpiade untuk melanjutkan tongkat estafet Taufik.

Pada era saat ini, Indonesia masih menanti gebrakan para pemain muda yang dimotori Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Keduanya menjadi tumpuan besar bagi tunggal putra Indonesia untuk meneruskan kejayaan di Olimpiade 2020 yang akan dilaksanakan di Tokyo, Jepang pada musim panas 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini