Sedikit Cerita Taufik Hidayat, soal Akhir Karier Bulu Tangkisnya

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 03:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 12 40 2212593 sedikit-cerita-taufik-hidayat-soal-akhir-karier-bulu-tangkisnya-1MP8idN3wo.jpg Taufik Hidayat (Foto: BWF)

JAKARTA Taufik Hidayat adalah legenda bulu tangkis dunia dan Indonesia. Karier panjang Taufik Hidayat telah membuahkan banyak gelar juara bergengsi untuk Tanah Air. Akan tetapi, setiap perjalanan pasti menemui akhir. Karier bulu tangkis Taufik Hidayat berakhir pada 2013, saat dia berusia 32 tahun.

Ada kisah tersendiri di balik momen-momen terakhirnya sebagai pebulu tangkis tunggal putra andalan Indonesia. Taufik Hidayat menceritakannya dalam acara podcast Deddy Courbuzier, yang tayang di YouTube pada Senin 11 Mei 2020.

Taufik Hidayat (Foto: Reuters)

Taufik Hidayat menyatakan diriya adalah tipe atlet yang berlaga untuk memenuhi target. Pada saat berumur 32 tahun, target Taufik Hidayat adalah untuk menyudahi karier panjangnya di dunia bulu tangkis. Alhasil, Taufik Hidayat berbicara kepada pelatih, sponsor, dan pihak-pihak terkait sehubungan dengan keputusannya tersebut.

BACA JUGA: Taufik Hidayat Ngaku Gerak-geriknya Dibatasi di Mana pun Berada

Taufik Hidayat meminta 10 pertandingan sebagai perpisahannya dari dunia bulu tangkis. Taufik Hidayat juga meminta agar dirinya tidak dituntut menjadi juara di setiap turnamen yang akan dimainkannya. Alasannya sederhana, yakni Taufik Hidayat sudah tidak termotivasi mengejar gelar juara.

Ujung dari 10 pertandingan itu adalah laga di Indonesia Open 2012. Taufik Hidayat mau momen terakhirnya bermain bulu tangkis tersaji di Tanah Air, di depan para penggemar setianya. Laga di Indonesia Open 2012 adalah laga perpisahan Taufik Hidayat dari dunia bulu tangkis, yang telah membesarkan namanya.

“Jadi, Saya main harus punya target. Saat umur 32, saya bilang ke pelatih, sponsor dan pihak yang terkait, kalau saya mau berhenti, jadi saya minta 10 pertandingan untuk perpisahan. Jadi, jangan tuntut saya untuk jadi juara," kata Taufik Hidayat.

“Saya sudah tidak mood, tidak ada motivasi untuk yang saya cari. Saya ingin bulu tangkis selesai. Saya memang sudah minta sama sponsor di 10 pertandingan tersebut, di setiap negara, ujungnya Indonesia Open, saya mau perpisahan di turnamen itu. Jadi, itu buat farewell game saja,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini