Pelatih Imbau Atlet Pelatnas PBSI Disiplin Jaga Kondisi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 40 2195562 pelatih-imbau-atlet-pelatnas-pbsi-disiplin-jaga-kondisi-qzN7T2hIeD.jpg Jonatan Christie dan kawan-kawan diminta menjaga kondisi (Foto: PBSI)

JAKARTA – Jadwal latihan para pebulu tangkis yang tergabung dalam Pelatihan Nasional (Pelatnas) di Cipayung, Jakarta, masih belum normal. Namun, Pelatih Fisik PBSI, Felix Ary Bayu Marta, berharap Jonatan Christie dan kawan-kawan tetap menjaga kondisi tubuh.

Meski belum semua berlatih di Cipayung, para atlet tersebut tetap mendapatkan program latihan dari pelatih fisik tiap sektor. Program tersebut tentu saja berbeda, tergantung kondisi dan kebutuhan atlet. Ada pun program latihan fisik mencakup endurance (ketahanan), speed (kecepatan), strength (kekuatan), koordinasi gerak, dan lainnya.

Suasana latihan di Pelatnas Cipayung (Foto: PBSI)

Baca juga: PBSI Maklumi Penangguhan Indonesia Open 2020

Menurunnya intensitas latihan juga berdampak pada kondisi fisik atlet. Salah satu yang dipastikan menurun adalah VO2 Max. Felix berharap, para atlet itu disiplin dalam menjaga kebugaran sehingga VO2 Max tidak turun drastis.

“Sekarang di pelatnas ada sesi lari, latihan sepeda, dan bodyweight. Program latihannya sama, tidak ditambah dengan berkurangnya porsi latihan teknik, karena imbauannya tidak boleh terlalu capek. Intensitas justru yang coba dinaikkan, durasi atau volume latihan yang dikurangi,” papar Felix Ary Bayu Marta, dikutip dari laman resmi PBSI, Selasa (7/4/2020).

“VO2 Max akan turun itu pasti, tapi bagaimana kita jaga supaya turunnya tidak signifikan. Mereka harus punya kesadaran, profesi mereka itu adalah atlet, jadi harus ada tanggung jawab,” pungkasnya.

Sementara itu, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi menangguhkan semua turnamen yang terjadwal pada Mei hingga Juli 2020. Keputusan tersebut diambil mengingat wabah virus Corona Covid-19 di seluruh dunia yang masih belum reda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini