nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IOC Putuskan Kelanjutan Olimpiade 2020 dalam Empat Pekan ke Depan

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 10:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 23 43 2187496 ioc-putuskan-kelanjutan-olimpiade-2020-dalam-empat-pekan-ke-depan-vNMd36OzjS.jpg Olimpiade. (Foto: Twitter Olympics)

NEW YORK – Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, mengatakan bahwa pihaknya kini tengah mempertimbangkan langkah yang harus diambil dalam kelanjutan penyelenggaraan Olimpiade 2020 di Tokyo. Keputusan pun akan diumumkan dalam waktu empat pekan ke depan.

Penyelenggaraan Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo, Jepang, memang terancam tak berjalan sesuai jadwal akibat merebaknya virus corona. Desakan untuk menunda penyelenggaraan Olimpiade pun terus bermunculan dari berbagai pihak.

Olimpiade 2020

Mendapati kondisi ini, IOC akhirnya memutuskan untuk mempertimbangkan lebih lanjut penyelenggaraan Olimpiade 2020. Sebab, kondisi di sejumlah negara sendiri kini masih belum kondusif karena tengah menghadapi ancaman serius dari virus corona.

BACA JUGA: Panitia Lokal Akui Pertimbangkan Menunda Olimpiade Tokyo 2020

"Keputusan tentang penundaan hari ini tidak dapat menentukan tanggal baru untuk Olimpiade karena perkembangan yang tidak pasti di kedua arah, seperti yang kita lihat di sejumlah negara dengan tindakan keras yang diambil atau situasi yang memburuk di negara lain," ujar Bach, sebagaimana dikutip dari Inside The Games, Senin (23/3/2020).

"Berlawanan dengan acara olahraga lainnya, menunda Olimpiade adalah tantangan yang sangat kompleks. Sejumlah tempat kritis yang diperlukan untuk Olimpiade berpotensi tidak tersedia lagi. Kalender olahraga internasional untuk setidaknya ada 33 olahraga Olimpiade harus disesuaikan. Ini hanya beberapa dari banyak tantangan,” lanjut Bach.

Bach mengatakan bahwa IOC membuka peluang untuk menunda penyelenggaraan Olimpiade edisi kali ini. Meski begitu, keputusan tersebut dipastikan takkan mudah diambil karena harus mempertimbangkan banyak hal.

"Karena itu, studi lebih lanjut tentang skenario yang berbeda akan membutuhkan komitmen dan kerja sama penuh dari Komite Penyelenggara Tokyo 2020, pihak berwenang Jepang, semua Federasi Internasional (IF), Komite Olimpiade Nasional (NOC), dan semua pemangku kepentingan dari Olimpiade,” tuturnya.

“Bersama dengan pemangku kepentingan, kami telah memulai diskusi terperinci hari ini untuk menilai perkembangan cepat dari situasi kesehatan di seluruh dunia dan dampaknya pada Olimpiade, termasuk skenario penundaan. Kami bekerja sangat keras dan kami yakin akan menyelesaikan diskusi ini dalam empat minggu ke depan,” tukas Bach.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini