4 Tim F1 Terkena Imbas Wabah Virus Korona di Italia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 37 2177344 4-tim-f1-terkena-imbas-wabah-virus-korona-di-italia-mCVMY4kJye.jpg Empat tim F1 akan terdampak kebijakan ketat soal imigrasi (Foto: Twitter/@F1)

MARANELLO – Prinsipal Scuderia Ferrari, Mattia Binotto, menyebut dampak pembatasan kedatangan warga Italia ke sejumlah negara akibat virus Korona terlalu luas. Ia menyebut setidaknya ada tiga tim yang bakal terdampak ketika pekan balapan Formula One (F1) GP Australia 2020.

Sejumlah negara kini menerapkan aturan ketat soal pemberian izin masuk bagi warga negara atau pemegang paspor Italia. Hal itu dilakukan setelah wabah virus Korona Covid-19 menelan puluhan korban jiwa dengan ribuan kasus pasien positif terjangkit.

Haas F1 Team juga bakal terdampak

Baca juga: Sejumlah Balapan F1 GP 2020 Dihantui Virus Korona, Ferrari Minta Kejelasan

Sebagai tim yang berbasis di Italia, Ferrari tentu bakal kesulitan ketika harus berpindah negara. Mattia Binotto mengatakan, pembatasan jumlah personel yang ikut ke suatu negara bisa saja berdampak pada dua tim lain yang memakai mesin Ferrari, yakni Haas dan Alfa Sauber. Belum lagi, pemasok utama ban di F1, Pirelli, juga berasal dari Italia.

“Saya yakin tidak hanya dua tim saja yang akan terdampak aturan itu karena kami juga memberikan asistensi (bantuan) kepada Haas dan Alfa Sauber. Jadi, kemungkinan besar ada empat tim yang terdampak, plus Pirelli yang harus kami pahami dulu situasinya,” ucap Mattia Binotto, dikutip dari Motorsport, Selasa (3/3/2020).

“Jadi, seperti apa situasinya jika empat tim tidak bisa berpartisipasi? Apakah balapan akan terus berlangsung atau tidak? Bukan saya yang mengambil keputusan,” tukas pria berkebangsaan Italia tersebut.

Satu tim lagi yang kemungkinan besar terdampak adalah Alpha Tauri atau yang dulu dikenal sebagai Scuderia Toro Rosso. Sebab, tim tersebut bermarkas di Faenza dan sebagian besar teknisinya memegang paspor Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini