nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semasa Hidup, Ini Pencapaian Tati Sumirah di Dunia Bulu Tangkis

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 09:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 14 40 2168269 semasa-hidup-ini-pencapaian-tati-sumirah-di-dunia-bulu-tangkis-u9pYsOlrcF.jpg Tati Sumirah (Foto: Dokumentasi Pribadi)

JAKARTA – Legenda bulu tangkis Indonesia, Tati Sumirah, mengembuskan napas terakhir pada Kamis 13 Februari 2020. Duka bagi bulu tangkis Tanah Air karena Tati dikenal sebagai pemain tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Berbagai prestasi telah diberikan Tati kepada Indonesia. Salah satu yang paling dikenal adalah ketika pemain kelahiran Jakarta, 9 Februari 1952 itu menjadi pahlawan Indonesia merebut trofi Piala Uber pada 1975.

Tati Sumirah

Bersama Theresia Widiastuti, Imelda Wiguna, Utami Dewi, Minarni Sudaryanto, dan Regina Masli, Tati membawa pulang trofi Piala Uber untuk pertama kalinya ke Indonesia. Pada laga final, Tim Uber Indonesia berhasil menaklukkan Jepang dengan skor 5-2.

Baca juga Legenda Bulu Tangkis Indonesia Tati Sumirah Meninggal Dunia 

Tati yang turun di nomor tunggal putri turut menyumbangkan poin bagi Indonesia usai menaklukkan Atsuko Tokuda dengan skor 11-5 dan 11-2. Ia pun menjadi satu-satunya tunggal putri Indonesia yang memenangkan laga kontra Jepang. Sementara empat poin Indonesia lainnya disumbangkan dari ganda putri.

Sebelum itu, Tati pernah meraih medali perak di Asian Games 1974 yang berlangsung di Tehran, Iran. Sementara pada 1971, ia meraih medali perunggu ketika tampil di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia di Jakarta, Indonesia.

Prestasi lainnya, Tati menjadi runner-up di Kejuaraan Invitasi Dunia yang berlangsung pada 1974. Tampil ke final, Tati gagal merebut gelar juara setelah takluk dari wakil asal Inggris yakni Margaret Beck.

Pencapaian berikutnya adalah merebut medali perunggu di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis pada 1980. Mentas di Jakarta, Indonesia, Tati harus berhasil mencapai semifinal. Ia gagal melaju ke final usai menyerah dari rekan senegaranya, Verawaty Wiharjo di semifinal dengan skor 4-11, 11-8, dan 3-11.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini