nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resmi, Quartararo Rebut Kursi Rossi di Yamaha pada MotoGP 2021

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 21:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 29 38 2160353 resmi-quartararo-rebut-kursi-rossi-di-yamaha-pada-motogp-2021-ayTxcnuaRT.jpg Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

LESMO – Kabar mengejutkan datang dari garasi Monster Energy Yamaha pada hari ini, Rabu (29/1/2020), malam WIB. Setelah memperpanjang kontrak Maverick Vinales hingga 2022, Yamaha resmi merekrut Fabio Quartararo. Quartararo diberi Yamaha kontrak dua tahun yang akan aktif pada 2021.

Keputusan tersebut cukup mengejutkan mengingat di garasi Yamaha masih ada legenda MotoGP, Valentino Rossi. Yamaha menyatakan The Doctor –julukan Rossi– akan memutuskan kelanjutan karier balapnya pada pertengahan musim 2020. Meski begitu, kemungkinan besar Rossi akan pensiun pada akhir musim nanti.

“Yamaha dan Rossi telah saling sepakat bahwa keputusan pribadi apakah pengendara Italia itu akan tetap menjadi pembalap aktif di Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 diambil pada pertengahan 2020," tulis pernyataan Yamaha, mengutip dari Crash, Rabu (29/1/2020).

BACA JUGA: Capirossi Aneh Lihat Quartararo Lebih Jago dari Rossi pada Musim Lalu

Sekarang yang dapat dipastikan adalah Quartararo telah resmi menjadi partner Vinales untuk musim 2021 dan 2022. Manajer Tim Yamaha, Lin Jarvis menyatakan perekrutan Quartararo didasarkan pada prestasi pembalap berusia 20 tahun tersebut di musim debutnya, MotoGP 2019.

Quartararo mencatatkan enam pole position dan tujuh podium pada musim lalu. Torehan itu mengantarkan Quartararo menyabet gelar Rookie of the Year serta Pembalap Tim Satelit Terbaik pada musim lalu. Pencapaian tersebut membuat Yamaha merekrut Quartararo dari tim satelit mereka (Petronas Yamaha SRT).

“Kami sangat senang bahwa Fabio (Quartararo) akan bergabung dengan Tim MotoGP Yamaha Factory Racing untuk 2021 dan 2022. Hasil di tahun debut MotoGP-nya sangat sensasional. Enam pole position dan tujuh podium di musim 2019 adalah tanda yang jelas akan kecemerlangan serta keterampilan menunggangnya yang luar biasa,” ujar Jarvis.

“Mengundangnya untuk naik ke Tim Pabrik Yamaha setelah menyelesaikan kontrak dengan Petronas Yamaha Sepang Racing Team adalah langkah logis berikutnya. Untuk musim yang akan datang dia akan diberikan YZR-M1 dengan spesifikasi pabrik dan dia akan menerima dukungan penuh dari Yamaha,” sambung Jarvis.

“Fabio (Quartararo) baru berusia 20 tahun, tetapi dia sudah menunjukkan kematangan yang luar biasa di dalam dan luar motornya. Kami sangat senang dia bergabung dengan kami di tahun 2021. Fabio dan Maverick (Vinales) akan memberikan stimulus besar bagi kami semua di Tim MotoGP Racing Pabrik Yamaha untuk terus mengembangkan YZR-M1 dan meninggalkan kebutuhan yang terlewat dalam pencarian kami untuk kemenangan Kejuaraan Dunia MotoGP,” pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini