nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rossi Ungkap Alasan Tolak Tawaran Jadi Pembalap Ferrari

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 04:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 07 37 2150020 rossi-ungkap-alasan-tolak-tawaran-jadi-pembalap-ferrari-wHYyVaDZoP.jpg Valentino Rossi nyaris menjadi pembalap Scuderia Ferrari (Foto: LAT Images)

TAVULLIA – Belum lama ini, Valentino Rossi menunjukkan kemampuannya mengemudikan mobil Mercedes W08 milik Tim Mercedes AMG Petronas di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Itu bukan merupakan kesempatan pertama The Doctor menjajal mobil yang dipakai pada ajang balap Formula One (F1).

Pada rentang 2004-2010, Valentino Rossi bahkan beberapa kali menguji coba mobil Scuderia Ferrari. Tawaran untuk berganti ajang balap dari MotoGP ke F1 pun sudah diajukan oleh tim yang berbasis di Maranello, Italia, tersebut. Spekulasi yang menyebut sang pembalap akan hengkang pun meluas.

Valentino Rossi pernah mengendarai mobil Scuderia Ferrari

Baca juga: Cara Rossi Mengerem Mobil F1 Dipuji Direktur Mercedes

Namun, tawaran untuk menjadi pembalap F1 ditolak mentah-mentah oleh Valentino Rossi. Lelaki berusia 40 tahun itu baru mengungkapkan alasannya satu dekade kemudian. Ia mengaku tidak mengambil tawaran tersebut karena hanya akan dijadikan pembalap tes.

“Setelah sejumlah tes bersama Ferrari, kami dengan manajemen tim lalu duduk semeja. Mereka bekerja keras menyusun rencana komprehensif mengenai karier saya di Formula One,” tutur Valentino Rossi, dikutip dari Speedweek, Selasa (7/1/2020).

“Bagaimana pun juga, menurut rencana itu saya akan mengendarai mobil dengan spesifikasi yang sedikit lebih rendah. Saya akan direkrut lebih dulu sebagai pembalap tes. Atas alasan itu lah, maka saya menolak tawaran dari Ferrari,” pungkas pembalap Tim Monster Energy Yamaha itu.

Valentino Rossi menjajal mobil Mercedes W08 (Foto: Yamaha MotoGP)

Seandainya Scuderia Ferrari berani menawarkan satu dari dua kursi utama, bukan tidak mungkin Valentino Rossi mengikuti jejak mendiang John Surtees di F1. Pria berkebangsaan Inggris itu lebih dulu meniti karier di balap motor sebelum hengkang ke jet darat pada dekade 1960 dan menjadi satu-satunya orang yang berhasil juara dunia di MotoGP ( enam kali) dan F1 (satu kali).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini