Bos Suzuki Puas dengan Mesin Baru Timnya Sejauh Ini

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 03:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 29 38 2147240 bos-suzuki-puas-dengan-mesin-baru-timnya-sejauh-ini-RHolqjhTKb.jpg Shinichi Sahara bersama Ken Kawauchi (Foto: Media Suzuki Ecstar)

HAMAMATSU - Manajer Teknis Tim Suzuki Ecstar, Ken Kawauchi, mengungkapkan bahwa tes pramusim MotoGP 2020 merupakan hal yang sangat penting bagi timnya. Sejauh ini, sejatinya sudah digelar dua tes pramusim MotoGP, yakni di Valencia dan Jerez, dan Kawauchi merasa puas dengan mesin baru timnya.

Perlu diketahui, Suzuki tidak memiliki tim satelit dalam Kejuaraan Dunia MotoGP. Dengan kata lain, dalam setiap pengujian, Suzuki hanya bisa mendapat umpan balik dari tiga pembalap saja, yakni Alex Rins dan Joan Mir dari tim utama dan Sylvain Guintoli selaku pembalap penguji.

Baca juga: Demi Kontrak Baru di Honda, Alex Siap Belajar Banyak dari Rossi dan Marquez

Joan Mir dan Alex Rins

Jika dibandingkan dengan pabrikan lain, data yang didapat oleh Suzuki tentunya lebih sedikit. Maka dari itu, mereka harus memaksimalkan setiap pengujian sebaik mungkin. Meski demikian, Kawauchi menuturkan kalau perkembangan mesin dan berbagai komponen motor Suzuki untuk musim balap 2020 berjalan lancar sejauh ini.

“Target utama kami adalah sepenuhnya menjalani tes dengan spesifikasi baru mesin dan memastikan efisiensi dan cara yang tepat untuk memprosesnya. Mesin adalah inti dari motor, jadi kami akan mengembangkan dan memfinalisasi sasis, fairing, dan perangkat-perangkat lainnya kemudian,” ucap Kawauchi, mengutip dari laman resmi Suzuki, Senin (30/12/2019).

“Tentunya, pembalap penguji kami, Sylvain Guintoli, telah melakukan pengetesan mesin dan memberikan umpan balik yang positif. Namun kami membutuhkan umpan balik dari pembalap pabrikan juga, karena mereka yang akan menggunakan GSX-RR untuk balapan,” lanjutnya.

Tim Balap Suzuki Ecstar

“Hasil yang diberikan mereka positif. Keduanya, Alex dan Joan menyukai mesin baru tersebut. Jadi, kami bisa senang dengan poin awal ini. Kami akan menyelesaikan beberapa aspek dan mengembangkan beberapa elektronik baru. Dan untuk tes di Sepang pada Februari 2020, kami berharap membawa beberapa peningkatan dari sasis dan penutup mesin,” tandas Kawauchi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini